Jakarta (ANTARA News) - Departemen Pertanian Partai Demokrat memberikan bantuan makanan dan pakaian untuk para pengungsi korban bencana alam meletusnya Gunung Merapi yang berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Ketua Departemen Pertanian Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, Herman Haeron, di Jakarta, Rabu, mengatakan, bantuan tersebut dikumpulkan dari pengurus di Departemen Pertanian DPP Partai Demokrat selama sepekan terakhir.

"Bantuan dibawa dari Jakarta ke Magelang menggunakan tiga unit truk," kata Herman Haeron.

Pengiriman bantuan dari Jakarta ke Magelang diiringi oleh 15 pengurus Departemen Pertanian Partai Demokrat, di antaranya Herman Haeron (Ketua Departemen Pertanian/ Wakil Ketua Komisi IV DPR RI) dan Rosyid Hidayat (anggota Komisi IV DPR RI).

Herman menjelaskan, bantuan tersebut akan dikumpulkan di posko bantuan Partai Demokrat di Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang dan akan disalurkan kepada para pengungsi di lokasi-lokasi yang belum tersentuh secara optimal oleh pemerintah daerah setempat.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI ini menambahkan, Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, dijadwalkan akan mengunjungi lokasi pengungsi korban letusan Gunung Merapi di Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, pada Kamis (11/11), sehingga penyerahan bantuan secara simbolis kepada para pengungsi akan dilakukan oleh Anas Urbaningrum.

Setelah diserahkan secara simbolis oleh Anas Urbaningrum, menurut Herman, bantuan akan diserahkan kepada pengungsi yang belum tersentuh secara optimal melalui jalur pengurus dan kader Partai Demokrat di lokasi setempat.

"Partai Demokrat memiliki pengurus cabang di Magelang dan pengurus anak cabang di kecamatan-kecamatan," katanya.

Menurut dia, kader-kader Partai Demokrat di daerah yang lebih mengerti daerah dan masyarakat setempat yang akan diberdayakan untuk menyalurkan bantuan.

Anggota DPR RI dari Partai Demokrat, Rosyid Hidayat menambahkan, bantuan dari Departemen Pertanian DPP Partai Demokrat akan dikumpulkan di posko bantuan bencana Partai Demokrat di Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Dari posko Partai Demokrat, menurut dia, bantuan akan disalurkan oleh kader-kader Partai Demokrat setempat ke tiga desa di Kecamatan Muntilan, antara lain, Desa Pucang Harjo dan Gunung Pring.

Menurut Herman Haeron, bantuan dari Departemen Pertanian DPP Partai Demokrat ini diharapkan dapat menggugah departemen lainnya di Partai Demokrat.

"Makin banyak pihak yang memberi bantuan akan semakin baik bagi para pengungsi korban letusan Gunung Merapi," kata Herman.(*)

(T.R024/Z002/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010