Jakarta (ANTARA) - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 RI, organisasi kemanusiaan Perempuan Jenggala akan menggelar vaksinasi COVID-19 untuk sebanyak 15.000 orang di 12 kota di seluruh Indonesia, sebagai gerakan aktif perempuan membantu pemerintah meningkatkan herd immunity.

Ketua Umum Perempuan Jenggala Vicky W Kartiwa mengungkapkan vaksinasi COVID-19 digelar dengan tema "Vaksinasi Perempuan Jenggala, Jelajah Nusantara," sebagai hadiah perempuan dalam memperingati HUT RI ke-76.

"Vaksinasi Perempuan Jenggala, Jelajah Nusantara ini dilakukan dalam rangka mendukung program pemerintah mendorong pembentukan herd immunity untuk memperingati HUT RI ke-76. Hal itu dilakukan sebagai upaya menekan angka penyebaran COVID-19 yang masih melanda Indonesia," kata Vicky dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Senin.

Sebanyak 12 kota yang menjadi sasaran vaksinasi Jelajah Nusantara tersebut antara lain Kota Cirebon, Yogyakarta, Surabaya, Bandung, DKI Jakarta, Tangerang, Lampung, Medan, Makassar, Kolaka, Palu, Ambon. Lokasi pertama digelar di Kota Cirebon yang dilaksanakan pada Minggu (15/8).

"Vaksinasi Jelajah Nusantara akan berlangsung sejak 15-21 Agustus 2021. Sebanyak 15.000 masyarakat umum menjadi target vaksinasi COVID-19 termasuk anak usia 12 tahun ke atas," kata dia.

Dia mengatakan, kegiatan vaksinasi bertujuan membantu pemerintah melakukan vaksinasi massal di daerah-daerah. Kegiatan vaksinasi COVID-19 diharapkan dapat memberikan harapan baru untuk masyarakat di bulan kemerdekaan Indonesia.

"Semoga ini dapat turut membantu terwujudnya herd immunity. Kita juga berharap pandemi ini dapat segera berlalu," ujar dia.

Baca juga: Perempuan Jenggala gelar sosialisasi pencegahan stunting

Baca juga: Survei sebut penanganan COVID-19 di Indonesia membaik

Baca juga: Yogyakarta perkenalkan gelang vaksinasi permudah identifikasi

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021