Jakarta,  (ANTARA News) - Ribuan orang yang berasal dari Forum Umat Islam (FUI) melakukan aksi demonstrasi di Jakarta, Jumat, sehingga membuat kemacetan parah di ruas Jalan Jenderal Sudirman- MH Thamrin Jakarta Pusat.

Berdasarkan pantauan ANTARA di Jakarta, Jumat, kemacetan parah tersebut karena massa FUI bergabung di sekitar Bundaran HI untuk selanjutnya melakukan pawai ke arah Istana di Jalan Medan Merdeka Utara.

Massa tersebut menutup ruas Jalan Thamrin sehingga terjadi kemacetan sepanjang sekitar lima kilometer hingga ke ruas Jalan Sudirman.

Sejumlah jalan yang terkait dengan ruas Sudirman-Thamrin seperti Jalan Jenderal Gatot Subroto di sekitar Jembatan Semanggi juga terimbas macet.

Kemacetan tersebut juga menyebabkan sejumlah pengendara sepeda motor melaju di trotoar jalan.

Selain itu, sekitar lima bus transjakarta Koridor I (Blok M - Kota) juga terhambat dan tidak bisa bergerak di sekitar Bundaran HI. Terdapat pula penumpukan penumpang di beberapa halte busway.

Para pendemo yang sebagian besar memakai pakaian berwarna putih itu selain berjalan kaki juga ada yang menggunakan kendaraan sepeda motor dan mobil truk untuk mengangkut sistem pengeras suara.

Mereka membawa berbagai bendera yang menyimbolkan sejumlah Ormas Islam dan  bendera Palestina.

Terdapat pula sejumlah spanduk yang antara lain bertuliskan "Bersihkan Istana dari Antek-Antek Zionis" dan "Serangan Israel ke Gaza adalah Holocaust".(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009