Mukomuko, Bengkulu (ANTARA News) - Setiap anggota jamaah mushalla Al Furkan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengumpulkan uang Rp100 ribu per bulan untuk membeli hewan kurban Idul Adha 1431 Hijriyah.

"Kegiatan menabung uang sebesar Rp100 ribu per bulan sudah berlangsung sejak 1990 dan untuk sebelum Idul Adha 1431 Hijriyah uang yang terkumpul dari setiap anggota jamaah akan dihitung, untuk selanjutnya dibelikan hewan ternak," kata Ketua Pengurus Mushala Al Furkan Kelurahan Bandar Ratu, Kabupaten Mukomuko Idris, Ahad.

Menurut dia, untuk membeli satu ekor sapi dengan harga Rp7,5 juta, tujuh orang secara bersama-sama mengumpulkan uang sebesar Rp1,1 juta.

"Karena setiap anggota jamaah memiliki tabungan, maka akan dihitung berapa banyak tabungan setiap orang yang terkumpul, bila kurang dari Rp1,1 juta maka mereka akan menambah jumlah kekurangan itu," katanya.

Ia mengatakan, dengan menerapkan cara menabung setiap bulan, anggota jamaah yang tidak mampu bisa menjalankan ibadah kurban.

"Kami ingin mengajak Jemaah di daerah ini membudayakan hidup sederhana dengan cara menabung tetapi sambil beribadah," katanya.

Ia menerangkan, Idul Adha 1431 Hijriyah tahun ini sebanyak 49 orang yang mengumpulkan uang untuk membeli tujuh sapi.

"Daging sapi ini akan dibagikan kepada masyarakat miskin di daerah ini yang membutuhkan," kata Idris.

Sementara data dari pengurus Mushola Al Furkan sebanyak 650 kepala keluarga akan menerima bantuan daging sapi.

"Daging juga akan diberikan kepada tetangga dekat dan masyarakat lainnya yang berada di lingkungan mushalla," ujarnya. (ANT-149/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010