Saya meminta semua pihak yang bertikai agar menghormati kewajiban mereka secara penuh di bawah hukum humaniter internasional, termasuk menjamin perlindungan warga sipil
Den Haag (ANTARA) - Jaksa Mahkamah Pidana Internasional (ICC) pada Selasa (17/8) meminta semua pihak dalam konflik Afghanistan agar menghormati hukum humaniter.

Lewat sebuah pernyataan Karim Khan mencatatkan bahwa kantornya dapat menjalankan yuridiksi atas setiap genosida, kejahatan terhadap kemanusiaan atau kejahatan perang yang dilakukan di Afghanistan sejak bergabung dengan ICC pada 2003.

"Saya meminta semua pihak yang bertikai agar menghormati kewajiban mereka secara penuh di bawah hukum humaniter internasional, termasuk menjamin perlindungan warga sipil," kata Khan, menambahkan bahwa ia khawatir tentang laporan pembunuhan balas dendam dan penganiayaan terhadap kaum perempuan dan anak-anak.

Seruan Khan muncul setelah Sekjen PBB Antonio Guterres menyuarakan keprihatinan serupa dan Dewan Keamanan PBB pada Senin mendesak agar pertempuran di Afghanistan dihentikan. Khan menjadi jaksa di ICC pada Juni, yang mewarisi penyelidikan pendahulunya Fatou Bensouda atas kemungkinan kejahatan perang yang dilakukan di Afghanistan sejak 2003 hingga seterusnya.


Baca juga: Wapres Afghanistan: Saya presiden "sementara"

Baca juga: Tinggalkan Kabul, pesawat AS angkut ratusan warga Afghanistan



Penyelidikan itu mencakup dugaan pembunuhan warga sipil oleh Taliban, serta dugaan penyiksaan tahanan oleh otoritas Afghanistan, dan oleh pasukan AS dan CIA pada 2003-2004.

Namun, ICC hanya menyetujui investigasi formal pada Maret 2020 - memicu presiden AS terdahulu Donald Trump untuk menjatuhkan sanksi terhadap Bensouda.

Pada Mei pemerintah Afghanstan meminta Bensouda untuk tidak meneruskan penyelidikannya, dengan alasan sudah melakukan penyelidikannya sendiri, yang kebanyakan berfokus pada dugaan kejahatan Taliban.

Menurut aturan ICC, mahkamah hanya memiliki kekuasaan untuk mengadili kejahatan yang dilakukan di wilayah negara anggota ketika negara yang bersangkutan tidak mau atau tidak mampu melakukannya sendiri.

Belum diketahui pasti bagaimana Khan akan meneruskan investigasi yang sudah berlangsung.

Sumber: Reuters


Baca juga: Kanada akan lanjutkan evakuasi warga Afghanistan

Baca juga: Benarkah Taliban telah berubah?

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2021