New York (ANTARA News/AFP) - Saham Wall Street diperdagangkan bervariasi pada Senin didukung oleh data penjualan ritel Amerika Serikat yang jauh lebih baik dari perkiraan menjelang musim belanja liburan yang sangat penting dan berita dari akuisisi besar-besaran oleh Caterpillar.

Saham blue-chip Dow Jones Industrial Average naik 21,15 poin (0,19 persen) menjadi 11.213,73 pada 1510 GMT. Indeks S&P 500, ukuran lebih luas dari pasar, naik 1,45 poin (0,12 persen) menjadi 1.200,65.

Indeks komposit teknologi Nasdaq merosot 1,63 poin (0,06 persen) menjadi 2.516,59 poin.

Sebelum pasar dibuka, data menunjukkan penjualan ritel AS naik lebih cepat daripada yang diperkirakan pada Oktober dengan sektor otomotif memimpin jalan.

Jasa ritel dan makanan naik 1,2 persen dari September, menurut Biro Sensus, naik menjadi lebih dari 373 miliar dolar.

Itu jauh lebih baik dibandingkan dengan kenaikan 0,7 persen yang diperkirakan oleh para ekonom.

"Semua dalam semua, laporan penjualan ritel adalah titik lain data kunci yang menunjukkan ekonomi AS berada pada jalur pertumbuhan yang memiliki potensi untuk menghasilkan beberapa kejutan positif," kata Patrick O`Hare dari Briefing.com.

Namun demikian, sentimen dirugikan oleh data yang menunjukkan manufaktur negara bagian New York secara tak terduga jatuh pada November, kontraksi pertama sejak Juli 2009 ketika ekonomi AS keluar dari resesi.

Pedagang juga mencerna berita pengambilalihan sebuah perusahaan pemasok peralatan tambang Amerika Serikat oleh Caterpillar dalam sebuah kesepakatan 8,6 miliar dolar.

Caterpillar, pembuat alat berat terbesar di dunia, mengatakan akan membeli Bucyrus International dalam kesepakatan saham dan utang 8,6 miliar dolar karena raksasa AS itu terlihat membuka jalan untuk memasuki pasar negara berkembang.

Transaksi besar "didasarkan pada kepentingan strategis kunci Caterpillar untuk memperluas kepemimpinannya di industri peralatan pertambangan," kata perusahaan dalam pernyataannya.

Saham Bucyrus melonjak hampir 30 persen dan saham Caterpillar saham naik 0,7 persen di Wall Street.

Dalam berita merger dan akuisisi lain, perusahaan raksasa penyimpan data EMC mengatakan akan membeli Isilon saingannya untuk 2,2 miliar dolar. Saham EMC merosot 0,78 persen dan Isilon melonjak 28,58 persen.

Saham BHP Billiton naik 1,4 persen setelah raksasa pertambangan itu mengumumkan telah meninggalkan penawaran pengambilalihan 39 miliar dolar untuk pembuat pupuk Potash, yang sahamnya turun 2,7 persen.


Pasar obligasi menurun.

Hasil pada obligasi Treasury 10-tahun naik menjadi 2,86 persen dari 2,71 persen pada Jumat, sedangkan dari obligasi 30-tahun meningkat menjadi 4,31 persen dari 4,27 persen. Harga dan hasil obligasi bergerak berlawanan arah. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010