Shanghai (ANTARA News) - Sedikit-dikitnya 42 orang tewas dan lebih dari 50 orang terluka ketika kebakaran melanda sebuah blok apartemen di Shanghai tengah, Senin, kantor berita Xinhua melaporkan.

Ledakan itu meletus di sebuah bangunan 28 lantai di distrik Jing`an, yang sedang direnovasi, dan meluas dengan cepat ke lantai-lantai atas, kata kantor berita Xinhua.

Para petugas pemadam kebakaran yang berusaha untuk mengatasi harus membuat pipa air di puncak sebuah bangunan yang berdekatan untuk mendekati api dan menguasainya setelah sekitar empat jam.

Lebih dari 50 orang yang terluka akibat kebakaran itu telah dibawa ke sebuah rumah sakit yang berdekatan, dan para pemadam kabakaran telah mencari di bangunan itu mayat dan orang yang selamat, kata pemerintah kotapraja seperti dikutip oleh Xinhua.

Pada puncak kebakaran itu, helikopter telah berusaha untuk menyelamatkan orang yang terperangkap di atas bangunan itu, yang banyak warganya adalah guru di sekolah dekat tempat itu dan pensiunan.

Menteri Keamanan Umum Meang Juanzhu sedang dalam perjalanannya ke Shanghai untuk melihat langsung kerja pertolongan itu.

Penyebab kebakaran belum diketahui, tapi seorang saksi mengatakan ia melihat material bangunan terbakar sebelum api naik tangga dan dengan cepat meluas, lapor Xinhua.
(S008/C003)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010