Magelang (ANTARA News) - Komunitas Muslim Brisbane Australia menyumbangkan hewan kurban untuk warga yang terkena bencana letusan Gunung Merapi di Dusun Gejayan, Desa Banyudono, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng).

Penanggung jawab kegiatan kemanusiaan komunitas, Fenti Forsyth di Magelang, Rabu, mengatakaan, pada perayaan Idul Adha ini Komunitas Muslim Brisbane memberi bantuan 10 ekor kambing dan satu ekor sapi kepada warga lereng Merapi yang sedang mendapat bencana.

Ia menyebutkan, ada beberapa komunitas muslim Australia yang ikut berpartisipasi menggalang dana kemanusiaan ini, antara lain Islamic Council of Queensland, Muslim Charitable Foundation, Cressent Community, dan Komunitas Indonesia di Brisbane dan sekitarnya.

Fenti mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan sejumlah elemen, antara lain alumni SMAN 6 Yogyakarta tahun 1989, komunitas detik forum reg jogja, dan komunitas malioboro.

"Bersama alumni SMA 6 Yogyakarta kami juga menggalang dana sehingga bisa menambah hewan qurban untuk disumbangkan menjadi 16 ekor kambing dan dua ekor sapi," katanya.

Ia mengatakan, dua ekor sapi sudah disembelih pada Selasa (16/11) untuk korban Merapi di Yogyakarta dan sebagian dagingnya dibawa ke Dusun Gejayan bersama 16 ekor kambing.

"Kami tidak sekadar memberi bantuan hewan qurban, tetapi juga membawa `koki` untuk memasak daging qurban bersama warga Dusun Gejayan, kemudian dimakan bersama-sama," katanya.

Ia mengatakan, kesempatan hari raya qurban ini bisa diambil hikmahnya, yaitu untuk berkorban dengan membawa hewan qurban ke daerah bencana kemudian disembelih dan dimasak di tempat tersebut.

"Selain memberi sebuah hajatan, kami juga memberi hiburan kepada warga dengan bernyanyi bersama dan bermain bersama anak-anak untuk menghilangkan traumatik atas bencana yang terjadi," katanya.

Dusun Gejayan berjarak sekitar 14 kilometer dari puncak Merapi dihuni oleh 115 kepala keluarga yang kini mengungsi di Gunungpring Kecamatan Ngluwar.
(H018/S019)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010