Warga Kelurahan Jatinegara panen raya "urban farming"

Warga Kelurahan Jatinegara panen raya "urban farming"

Panen raya hasil pertanian kota di Kelurahan Jatinegara, Jakarta, Jumat (20/8/2021). ANTARA/HO-Kelurahan Jatinegara.

Jakarta (ANTARA) - Kelompok Tani Rawa Badung Asri di RW 07 Kelurahan Jatinegara, Jakarta Timur, menggelar panen raya sayur-sayuran dari hasil pertanian kota atau "urban farming".

Lurah Jatinegara, Slamet Sihabudin, menjelaskan hasil panen raya kali ini terdiri dari 75 kilogram sayuran kangkung, 50 kilogram bayam, 10 kilogram terong, dua kilogram kemangi, 135 kilogram singkong, serta 45 kilogram ikan nila dan lele.

Baca juga: PKK Jakpus panen raya sayuran dan ikan hasil pertanian perkotaan

"Alhamdulillah hasil ini merupakan upaya bersama para kader PKK, Dasawisma, Poktan dan para pengurus RW 07," kata Slamet Sihabudin di Jakarta, Jumat.

Slamet Sihabudin menambahkan bahwa pengelolaan urban farming tersebut memanfaatkan lahan seluas 160 meter. Hasil dari panen raya itu digunakan memenuhi kebutuhan pangan keluarga.

Slamet Sihabudin mengatakan panen raya serentak tersebut merupakan dukungan Kelurahan Jatinegara dalam mewujudkan Kota Jakarta Timur yang hijau, asri dan sehat, serta meningkatkan ketahanan pangan pada masa pendemi COVID-19.

Baca juga: Karang Taruna Kebon Baru berkolaborasi pasarkan hasil tani perkotaan

Dia juga berharap panen serentak itu dapat memicu masyarakat untuk lebih mandiri dalam mewujudkan pertanian perkotaan di wilayahnya masing-masing dengan inovasi yang bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi. 

“Sesuai apa yang disarankan Pak Gubernur, keberadaan urban farming selain sebagai sarana edukasi dalam bercocok tanam, ke depannya program penghijauan dan pertanian perkotaan ini akan terus kita gaungkan untuk kesejahteraan warga," ujar Slamet Sihabudin.

Baca juga: Jakarta kemarin, target vaksinasi hingga "urban farming"

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pemprov DKI Jakarta salurkan BSNT ke warga kelurahan Jatinegara

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar