Jakarta (ANTARA) - Momen Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 M membawa berkah bagi para pedagang Pasar Malam Ikan Hias di Jatinegara, Jakarta yang mampu meraih omzet mencapai Rp2 juta hingga Rp5 juta dalam semalam.

Ada sekitar puluhan lapak yang berjejer menjual berbagai jenis ikan hias, mulai dari Oscar, Rasbora Galaxy, Amandae, Glofish, hingga ikan predator seperti Toman, Snakefish, dan Arwana di Pasar Malam Ikan Hias, Jalan Matraman Raya, Jatinegara, Jakarta Timur itu.

Pencapaian tersebut salah satunya dialami oleh Wahyu Dwi (30), pedagang ikan Mas Koki itu saat ditemui di lapak dagangannya, Minggu dini hari, mengatakan bahwa omzetnya melonjak selama libur Lebaran ini.

Bila sebelumnya paling banyak menghasilkan Rp1,5 juta tapi, ia mengaku kali ini ada puluhan ikan peliharaannya itu diborong pembeli atau meraup omzet senilai Rp2-3 juta dalam semalam.

"Mungkin ini rezeki Lebaran, karena yang datang ramai sekali jadi bisa kotornya dalam semalam tembus lah segitu," kata dia.

Baca juga: Pesta Budaya Sekura Cakak Buah Lampung tarik wisatawan

Menurut dia, ikan-ikan mas koki jenis Lionhead, Blackmoor, Ryukin, Panda, Goldfish itu didatangkan langsung dari kolam pedesaan di Tulung Agung, Jawa Timur sehingga memiliki bobot yang besar dan sehat.

"Saya hanya jual yang sudah usia tiga - empat bulan ke atas Rp50 ribu saja per ekor," ujarnya.

Pedagang lain yang juga merasakan berkah yang sama seperti, Anggara (29) misalnya.

Ia mengaku sudah lebih dari 200 ekor ikan hias jenis Rasbora Galaxy, Amandae, dan Glofish miliknya yang diborong pembeli dalam semalam.

Harga per 10 ekor ikan unik dengan tubuh mungil berwarna-warni tersebut di bandrol senilai Rp10 ribu hingga Rp25 ribu atau jika ditotalkan pria berambut gondrong ini berhasil mengantongi Rp2 juta - Rp5 juta.

"Alhamdulillah, beberapa hari setelah Lebaran ini makin malam, semakin ramai sampai saya kewalahan meladeni pembeli," ujarnya.
Seorang pengunjung mengamati ragam jenis ikan mas koki di Pasar Malam Ikan Hias Jatinegara, Jakarta, Senin (14/4/2024) (ANTARA/M Riezko Bima Elko Prasetyo) ini


Sementara itu, Rekha, pembeli asal Bekasi, mengaku memelihara ikan hias dapat membantu menghilangkan stres dan membuat suasana ketika pulang ke rumah lebih hidup.

Oleh karena itu, pekerja di bidang usaha logistik ini sengaja datang ke Pasar Malam Ikan Hias Jatinegara karena tertarik dengan berbagai jenis ikan hias yang dijajakan dan juga dikenal memiliki kualitas yang baik.

"Bagus-bagus ikannya di sini jadi yang datang bukan hanya para penghobi tapi juga bawa keluarganya ada ibu-ibu dan anak-anak. Apa lagi bukanya hanya malam sampe subuh," kata dia.

Dengan demikian, Rekha mengharapkan untuk dilakukan penataan lapak pedagang di Pasar Malam Ikan Hias Jatinegara sehingga pengunjung bisa nyaman dan bahkan jadi ikon bagi para pencinta ikan domestik.

Baca juga: Kunjungan wisata religi di Kalsel naik usai Lebaran 

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024