Lampung Barat (ANTARA) - Pesta Budaya Sekura Cakak Buah di Kabupaten Lampung Barat, Lampung yang juga telah masuk dalam kalender event nasional telah menarik kunjungan wisatawan lokal di libur Lebaran 2024.
 
Pesta budaya Sekura Cakak Buah yang telah dilaksanakan sejak Kamis (11/4) hingga Senin (15/4) mendatang di 12 pekon (kampung) di Kabupaten Lampung Barat menjadi salah satu daya tarik bagi masyarakat sekitar, hal tersebut terlihat dari ramainya masyarakat yang antusias ikut serta dalam kegiatan yang juga telah masuk dalam kalender event daerah Lampung.
 
Selain bagi masyarakat sekitar pesta budaya yang masih berlangsung di Pekon Balak pada Sabtu, di Lampung Barat juga telah menarik wisatawan lokal Lampung.
 
Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Dewan Sekura Pekon Balak, Kecamatan Batu Brak Ruskan Gelar Rajabatin.
 
"Yang datang selain dari warga sekitar yang memang ikut serta memakai topeng juga ada dari wisatawan lokal," ujar Ruskan Gelar Rajabatin.
 
Ia mengatakan wisatawan lokal yang menyaksikan gelaran pesta budaya tersebut kebanyakan merupakan kolega dari warga kampung sekitar yang menghabiskan waktu libur Lebaran setelah merantau keluar kota.
 
"Banyak warga kampung yang datang membawa kawan dari kota ke sini menonton Sekura, dan banyak juga warga dari Bandarlampung ataupun dari sekitar Provinsi Lampung sini," katanya.
 
Menurut dia, karena jadwal pelaksanaan pesta budaya Sekura Cakak Buah yang cukup lama yakni selama lima hari setelah Idul Fitri, maka wisatawan dapat dengan mudah memilih ingin menyaksikan pesta budaya tersebut di hari dan kampung yang berbeda-beda.
 
Baca juga: Kunjungan wisata religi di Kalsel naik usai Lebaran 
 
"Tinggal sesuaikan saja waktunya karena ini cukup panjang pelaksanaannya. Dan tinggal pilih mau di pekon mana menyaksikan ini," tambahnya.

Tanggapan positif pun dikatakan oleh salah satu wisatawan asal luar Lampung, Ade asal Bandung.
 
"Awal ke Liwa diajak teman kerja yang aslinya memang orang sini, dan kebetulan ada Festival Sekura ini jadi sekalian menonton," kata Ade.
 
Ia melanjutkan momen menyaksikan Pesta Budaya Sekura Cakak Buah kali ini menjadi pengalaman pertama dirinya menyaksikan atraksi budaya tradisional khas Lampung.
 
"Karena asal dari Bandung tentu ini jadi kali pertama melihat budaya Lampung, khususnya Lampung Barat dan ternyata kegiatannya sangat ramai serta cukup menarik," ucap dia lagi.

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024