Pasar wisata di Kabupaten Pesisir Barat dan Lampung Barat peminatnya banyak dari turis mancanegara.
Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Lampung Bobby Irawan mengatakan pihaknya terus mengoptimalkan promosi beragam destinasi wisata yang ada di Kabupaten Pesisir Barat dan sekitarnya untuk menambah jumlah pilihan destinasi wisata bagi wisatawan serta menarik kunjungan wisata.
 
"Sebenarnya untuk di Provinsi Lampung ini sudah mulai menyebar wisatawannya, dari sebelumnya hanya ke tempat wisata serta pantai-pantai yang ada di Kabupaten Pesawaran sekarang sudah mulai ke Lampung Selatan dan sekitarnya," ujar Bobby Irawan, di Bandarlampung, Rabu.
 
Ia mengatakan untuk menarik kunjungan wisata sekaligus menambah jumlah pilihan destinasi wisata bagi wisatawan, pemerintah daerah pun akan meningkatkan promosi beragam destinasi wisata di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung Barat dan sekitarnya.
 
“Pasar wisata di Kabupaten Pesisir Barat dan Lampung Barat peminatnya banyak dari turis mancanegara. Tapi domestik pun banyak kemarin di musim libur akhir tahun banyak wisatawan dari Bengkulu, Sumatera Selatan tepatnya Baturaja dan Martapura berwisata ke Pesisir Barat,” katanya lagi.
 
Dia menjelaskan selain promosi dalam mengoptimalkan kunjungan wisata, pemerintah daerah pun akan melaksanakan banyak kegiatan yang menarik minat wisatawan, sekaligus mempermudah aksesibilitas menuju ke berbagai destinasi wisata di Pesisir Barat dan Lampung Barat.
 
“Sekarang memang masih terbatas yang mau ke Pesisir Barat karena jaraknya cukup jauh. Jadi kami coba untuk meningkatkan aksesibilitas dari udara yang diintensifkan dengan memanjangkan landasan, akan lebih baik lagi kalau penerbangan bisa berlanjut dari Bali-Lampung-Krui. Sebab dengan panjang garis pantai lebih dari 280 kilometer keindahan pantai serta pegunungan di Pesisir Barat serta Lampung Barat sudah tidak bisa diragukan lagi,” ujarnya pula.
 
Menurut dia, dengan adanya upaya pemerintah daerah untuk menarik kunjungan serta memperluas pilihan destinasi wisata di Provinsi Lampung terutama di Pesisir Barat dan Lampung Barat, diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan pada 2024.
 
“Mudah-mudahan Pesisir Barat dan Lampung Barat ini menjadi potensi besar pariwisata Lampung ke depan serta menjadi pusat destinasi wisata di Lampung yang menarik minat wisatawan domestik dan mancanegara,” ujar dia lagi.​​​​​
Baca juga: Gua Matu di Pesisir Barat Lampung menyimpan keindahan wisata religi
Baca juga: 9.050 wisatawan kunjungi Pesisir Barat Lampung saat libur Lebaran 2023

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024