Lonjakan pengunjung membuktikan Masjid BSI Bakauheni telah menjadi tempat ibadah dan sekaligus tujuan peristirahatan....
Jakarta (ANTARA) - Masjid BSI Bakauheni di Provinsi Lampung dikunjungi oleh 6.500 jamaah per bulan selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Corporate Secretary BSI Gunawan Arif Hartoyo menyatakan, Masjid BSI Bakauheni menjadi destinasi peristirahatan bagi para pengunjung sekaligus wisata selama musim liburan akhir tahun.

“Lonjakan pengunjung membuktikan Masjid BSI Bakauheni telah menjadi tempat ibadah dan sekaligus tujuan peristirahatan, yang memperkaya pengalaman wisatawan dan pemudik yang singgah di kawasan tersebut,” kata Gunawan dalam keterangan resmi, di Jakarta, Selasa.

Masjid BSI terletak di Bakauheni Harbour City (BHC), Lampung Selatan, Lampung. Masjid tersebut merupakan bagian dari upaya Kementerian BUMN dan PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI dalam mendorong pariwisata di Sumatera, khususnya Provinsi Lampung.

Gunawan mengatakan, Masjid BSI Bakauheni tidak hanya menawarkan tempat ibadah yang megah, tetapi juga memiliki daya tarik tersendiri. Dengan area multifungsi 360 derajat, pengunjung dapat menikmati keindahan panorama alam Bakauheni, melihat Menara Siger, dan menyaksikan aktivitas Pelabuhan Bakauheni dari berbagai sudut.

Adapun pada periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, jumlah wisatawan yang mengunjungi kawasan BHC mencapai 45.000 pengunjung. Wisatawan tersebut selain dapat berkunjung ke Masjid BSI Bakauheni, juga bisa menikmati dua wahana unggulan. Pertama, Krakatau Park, dan kedua adalah Siger Park yang menambah keberagaman pengalaman liburan mereka.

"Kawasan BHC yang banyak dimanfaatkan pemudik sebagai tempat istirahat sebentar sebelum melanjutkan perjalanan, juga memainkan peran penting dalam memberdayakan masyarakat sekitar. Dengan adanya kerja sama dan partisipasi dari masyarakat lokal, kawasan BHC menjadi pusat aktivitas ekonomi dan sosial yang memberikan manfaat positif bagi semua pihak,” ujarnya.

Lebih lanjut, Gunawan menambahkan, Masjid BSI Bakaheuni juga menjadi pusat kegiatan keagamaan dan sosial. Kegiatan seperti tadarus Al Quran rutin menjelang adzan.

“Kegiatan Jumat berkah dan lain sebagainya, menjadikan masjid ini sebagai contoh bagi masjid-masjid lain di sekitarnya,” katanya lagi.

Pada sisi lain, kehadiran pengunjung mencerminkan keberadaan Masjid BSI Bakauheni yang telah menjadi ikon baru dan kebanggaan bagi warga Lampung Selatan, khususnya di Bakauheni.

Keistimewaan masjid itu sebagai tempat ibadah yang indah dan pusat kegiatan masyarakat dapat memperkaya pengalaman wisatawan atau pemudik.

Dengan demikian Masjid BSI Bakauheni telah memperkuat posisinya sebagai destinasi unggulan di jalur transportasi publik selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.
Baca juga: Masjid BSI di Bakauheni dimanfaatkan pemudik beristirahat dan ibadah
Baca juga: BSI resmikan Masjid Bakauheni untuk dorong ekonomi dan pariwisata

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024