Banten (ANTARA) - Polda Banten mulai memberikan pengawalan terhadap pemilir berkendaraan roda dua dari Pelabuhan Merak menuju Serang dan Tangerang.
 
"Untuk pemudik sepeda motor akan mendapatkan pengawalan dari Pelabuhan Merak hingga ke lokasi transit," kata Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Leganek Mawardi, di Serang, Banten, Sabtu.
 
Untuk lokasi transit yaitu di Polresta Serang Kota, pemilir dapat beristirahat sejenak kemudian perjalanan akan dilakukan pengawalan kembali sampai dengan Cibitung perbatasan Jakarta setelah itu akan dilepas sesuai tujuannya masing-masing.
 
"Jadi ke luar dari kapal kumpul di buffer zone dan akan dikawal sampai ke Polresta Serang Kota untuk melakukan istirahat, hingga terakhir di Cibitung perbatasan Jakarta," katanya.
 
Pihaknya memastikan semua fasilitas dan sarana untuk pemilir akan dilengkapi, di antaranya seperti tempat beristirahat, shalat, UMKM dan toilet, serta akan diberikan tempat yang layak dan memadai agar para pemilir nyaman dan tidak kelelahan saat berkendara.
 
Dengan dilakukannya pelayanan ini, diharapkan proses arus balik bisa berjalan dengan aman dan nyaman sehingga  bisa sampai ke rumah dengan selamat.  
Selain itu, Polda Banten juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas arus balik dari Sumatera melalui Pelabuhan Merak melalui dua lajur yaitu di Cikuasa Atas dan Cikuasa Bawah.

"Jadi untuk Cikuasa Atas digunakan untuk kendaraan bus dan kendaraan pribadi yang langsung menuju Tol Merak-Tangerang. Sedangkan untuk Cikuasa Bawah digunakan bagi roda dua melalui jalur arteri," katanya.
 
Sementara itu, puncak arus balik di Pelabuhan Merak diprediksi akan terjadi pada Sabtu (13/4) hingga Minggu (14/4).

Baca juga: DPR sampaikan agar Jasa Marga pastikan kesiapan pelayanan arus balik

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024