Jakarta (ANTARA News) - Ketua Indonesia Sommelier Association sekaligus Direktur Summarecon Kelapa Gading, Sugiyanto Nagarie, di Jakarta, Kamis malam, mengatakan Beajolais Nouveau Festival digelar untuk mempererat hubungan antara Indonesia dan Prancis.

"Perayaan ini didedikasikan bagi para pencinta wine, kuliner dan budaya Prancis di Jakarta, dan dimaksudkan untuk memperkenalkan negara Prancis, juga sekalgus mempererat hubungan kedua negara," katanya.

Ia menjelaskan, Beajolais Nouveau Festival merupakan perayaan adaptasi dari sebuah tradisi yang dimulai di wilayah Beajolais, Prancis, suatu daerah yang menghasilkan sejenis wine bernama Beajolais Nouveau, yaitu sejenis red wine yang berasal dari buah anggur yang dipetik secara alami dengan tangan.

Perayaan ini di Prancis sendiri berlangsung setiap hari Kamis ketiga pada bulan November, dan setelah berakhirnya masa fermentasi anggur tersebut selama 6 hingga 8 minggu, dan secara serentak anggur jenis ini mulai dinikmati.

"Momentum ini dikenal dengan slogan "Le Beajolais Nouveau est arrive", atau Beajolais telah tiba. Setelah wine Beajolais Nouveau ini didapatkan, maka disarankan untuk segera dikonsumsi dan tidak disimpan dalam waktu yang lama," ujarnya.

Sementara tu, GM Corporate Communication Summarecon, Cut Meuta, menambahkan, acara hiburan ini merupakan kesenian khas negara Prancis, seperti performance tradsional France Dance, Mime and Magician, Happening arts, Street Accordon Player, Games, Lucky Draw, dan banyak lagi `booth` menarik lainnya.

"Festival ini kami selenggarakan sebagai wadah bagi para pencinta wne di Jakarta, sekaligus para pencinta kebudayaan asing, di mana `event` ini juga sebuah ajang pertukaran budaya sekaligus silaturahmi bagi para pebisnis di Jakarta untuk lebih membuka jarngan sosialnya," katanya.

Ia menambahkan, selain menikmati wine, para pengunjung juga dapat menikmati berbagai hidangan dan minuman khas Prancis, termasuk Dinner maakanan ala Perancis, dan Free flow beajolais wine, dan hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp300 ribu/orang, semua bisa dinikmati, dan acara ni digelar dari pukul 19.00 WIB hingga tengah malam.(*)
(ANT-135/H-KWR/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010