Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perhubungan (Kemnhub) menyiapkan armada bus Damri di daerah sekitar Yogyakarta untuk membantu mobilisasi para pengungsi kembali ke daerah masing-masing jika kondisi Gunung Merapi sudah dinyatakan aman.

"Jika sudah Merapi dinyatakan aman, kami siapkan armada Damri untuk mobilisasi pengungsi ke daerah asal. Dana operasinya diusulkan ditanggung dishub setempat," kata Dirjen Perhubungan Darat, Kemenhub, Suroyo Alimoeso, menjawab pers di Jakarta, Jumat.

Namun, Suroyo tidak memastikan apakah bantuan armada tersebut gratis atau berbayar. "Kalau soal itu, urusan operator," katanya.

Dihubungi terpisah, Direktur Operasi Perum DAMRI, Bagoes Wisanggeni, menyatakan, pihaknya menyiapkan sedikitnya 10 bus DAMRI untuk kepentingan mobilisasi itu.

"Sebelumnya setelah saat erupsi hebat waktu itu, kami sudah menerjunkan tiga bus gratis dari daerah kritis ke tempat-tempat pengungsian tanpa bayar. Namun, untuk 10 bus itu, kami harapkan biaya operasional dibantu dinas perhubungan setempat," katanya.
(T.E008/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010