Palembang (ANTARA News) - Festival Keraton Nusantara ke-7 di Palembang, 26-28 November akan dihadiri peninjau dari Universitas Freiburg, Jerman, Prof Dr Tudith Schelle.

Zuriat Kesultanan Palembang Darussalam, Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin, di Palembang, Jumat mengatakan selain seratus lebih utusan kerajaan, kesultanan dan lembaga adat yang akan menghadiri FKN ke-7, kegiatan tersebut juga ditinjau langsung peneliti dari Jerman.

Prof DR Tudith Schelle sudah mengkonfirmasi kehadirannya di Palembang bersamaan dengan Raja Samusamu VI dari Maluku, katanya.

Menurut dia, kehadiran peneliti dari Jerman tersebut membuktikan kalau beragamnya adat, kebudayaan dan seni nusantara menarik bagi bangsa lain.

Karena itu, pihaknya menargetkan Festival Keraton Nusantara (FKN) ini mampu mempertahankan keberagaman tersebut, tambahnya.

Ia mengatakan, festival tersebut akan menampilkan berbagai khasanah kekayaan bangsa Indonesia mulai dari kebudayaan, adat dan seni.

Hal itu, diharapkan mampu mendorong generasi muda untuk memahami keanekaragaman bangsa ini, katanya.

Dia menjelaskan, festival akan dihadiri sedikitnya 119 kerajaan, kesultanan dan lembaga adat seluruh Indonesia.

Selain itu, juga dihadiri utusan dari Kesultanan Buayan Darussalam, Filipina dan Brunei Darussalam serta Serawak Malaysia, ujarnya.

Sultan menambahkan, kegiatan tersebut diawali dengan jamuan makan malam di Griya Agung kediaman dinas gubernur setempat.

Selanjutnya, Jumat siang (26/11) kirab agung dirangkai dengan pameran benda pusaka, seminar, musyawarah besar dan pagelaran seni dan budaya, tambah dia.(*)
(ANT-037/M033/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010