Berlin (ANTARA News/AFP) - Jerman akan terus meningkatkan pengamanan hingga akhir tahun ini, pasca peringatan pada pekan ini mengenai serangan, yang mungkin terjadi dalam waktu dekat di negara itu, kata polisi pada Jumat.

Kepala Kesatuan Polisi Jerman, Rainer Wendt, mengatakan bahwa di banyak kota, petugas keamanan membatalkan liburan mereka selama Desember demi menunaikan tugas peningkatan keamanan dari Berlin pada Rabu.

"Pejabat keamanan bersiap mempertahankan kewaspadaan tinggi negara setidak-tidaknya hingga akhir tahun ini," kata Wendt kepada surat kabar "Neue Osnabruecker Zeitung".

Ia mengatakan, sepanjang masa pasar ramai Natal di udara terbuka sejak akhir November hingga akhir Desember berlangsung, pihaknya harus memperkirakan serangan dan akan melindungi masyarakat dengan kehadiran nyata.

Pemerintah Jerman memperketat keamanan di stasiun kereta, bandar udara dan tempat umum lain pada Rabu setelah adanya informasi dari "mitra asing" mengenai rencana serangan pada bulan ini.

Pada hari sama, polisi di Namibia menemukan kemungkinan bom di tas komputer jinjing, yang dibungkus plastik dan akan dimasukkan ke pesawat sewaan ke Munchen, yang dikelola Air Berlin, perusahaan penerbangan terbesar kedua di Jerman.

Polisi Jerman pada Jumat menyatakan belum memutuskan apakah paket itu, yang mereka sebut berisi baterai terhubung dengan kabel ke pemicu dan jam, adalah bahan peledak.

Televisi publik Jerman ZDF, mengutip keterangan pihak berwenang Amerika Serikat, melaporkan bahwa barang itu hanya bom palsu untuk menguji pemeriksaan bandar udara.(*)

(Uu.KR-DLN/B002/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010