Jakarta, 22/11/2010 (ANTARA) - Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan membagikan bibit pohon secara simbolis kepada Iwan Fals dan masyarakat Kalimantan Selatan, serta menyerahkan bantuan sebesar masing-masing 50 juta kepada 10 unit kelompok tani Kebun Bibit Rakyat (KBR) dalam rangka mensukseskan Pencanangan Gerakan Penanaman 1 Miliar Pohon pada Minggu, 21 Nopember 2010 di Lapangan Murjani Banjarbaru - Kalsel. Total yang diserahkan sekitar 650.000 bibit tanaman hutan yang nantinya akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat melalui UPT Kementerian Kehutanan di Kalsel.

     Acara tersebut dihadiri Gubernur Kalsel, Ketua DPRD, Bupati/Walikota dan para Pejabat Kementerian Kehutanan serta masyarakat. Menurut Laporan Gubernur Kalsel, Rudi Arifin pada tahun 2010 ini Kalimantan Selatan telah mempunyai 240 unit kelompok tani KBR dan ditargetkan masing-masing unit akan menghasilkan 50.000 bibit tanaman hutan untuk penghijauan, diharapkan tahun 2011 mendatang jumlah KBR di Kalsel meningkat menjadi 350 unit. Melalui program Hutan Kemasyarakatan, Hutan Tanaman Rakyat dan Hutan Desa, Kalsel telah berhasil menanam 8,6 juta pohon antara lain jenis Mahoni, Sungkai, Akasia dan tanaman serba guna yang tersebar di seluruh provinsi Kalsel.

     Pada kesempatan tersebut Menteri Kehutanan juga melakukan penanaman pohon di sepanjang lapangan Murjani bersama Gubernur, Ketua DPRD dan semua pejabat yang hadir untuk meningkatkan penghijauan, dan melakukan peninjauan ke Kebun Bibit Rakyat Ulin - Kalsel.

Pewarta:
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2010