Guangzhou, China (ANTARA News) - Jepang akan bertemu dengan Uni Emirat Arab (UAE) pada final sepak bola Asian Games ke-16, setelah negara Teluk itu menyingkirkan Korea Selatan 1-0 melalui perpanjangan waktu dalam semifinal, Selasa.

Korea Selatam, perebut medali emas Asian Games 1986, menyia-nyiakan peluang terbaik mereka pada pertandingan tersebut dan mereka harus membayar mahal saat pemain depan Ahmed Al Abry menjebol gawang yang dijaga kiper pengganti Lee Bum-Young.

Spesialis penalti Lee menggantikan kiper pertama Kim Seung-Gyu beberapa saat sebelumnya, dengan Korsel memperkirakan akan terjadi adu penalti.

Namun Uni Emirat Arab, yang belum pernah tampil di final Asian Games, yang melangkah ke pertandingan untuk perebutan medali emas melawan Jepang, yang bangkit dari ketinggalan satu gol untuk mengalahkan juara empat kali Iran 2-1.

Korea Selatan memiliki peluang terbaik mereka dan penjaga gawang UAE Ali Housani membuat timnya berada dalam tekanan saat dia memilih untuk memukul bola tersebut ketimbang menangkapnya. Namun tendangan Hong Jeong-Ho kemudian tidak meleset dari target.

Amer Al Hamadi kemudian melepaskan tembakan namun melebar pada menit ke-19 saat UAE mencoba melakukan tekanan ke depan.

Hong Jeong-Ho seharusnya bisa memecahkan kebuntuan pada menit ke-37, namun meskipun tidak mendapat kawalan, sundulan dia mengarah ke tangan Al Hamadi.

Pada pertandingan lain, Jepang selangkah lebih dekat pada medali emas pertama mereka dalam cabang sepak bola Asian Games dengan bangkit dari ketinggalan untuk mengalahkan Iran.

Striker Arash Afshin membuka gol bagi Iran pada menit keenam sebelum Kota Mizunuma membuat Jepang dapat menyamakan kedudukan tujuh menit sebelum babak pertama berakhir, dan akhirnya Kensuke Nagai memastikan kemenangan Jepang pada menit ke-60. (*)

AFP/I015/Z002

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010