Jakarta (ANTARA News) - Empat kandidat ketua umum Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (Hippi), diperkirakan bakal bersaing di musyawarah nasional (Munas) Hippi ke VII pada 25-26 November 2010 di Jakarta.

Wakil Sekretaris Jenderal Hippi, Herman Heru Suprobo, kepada wartawan, di Jakarta, Selasa, mengungkapkan, dalam Munas Hippi tersebut selain dirinya, sudah muncul tiga nama kandidat lain untuk menjadi ketua umum Hippi periode 2011-2015 yakni Joky, Yani Motik dan Syahrial Yusuf.

"Tiga nama itu yang kemungkinan besar juga akan muncul sebagai kandidat ketua umum Hippi mendatang. Saya sendiri bakal maju," katanya.

Heru mengatakan, ke depan tantangan usaha akan makin berat, yang perlu disikapi dengan baik dan dipersiapkan dengan matang. Saat ini, era globalisasi yang sudah berlangsung, antara lain dengan telah diberlakukannya kawasan perdagangan bebas China-Asean (CAFTA) pada awal tahun ini.

Menurut dia, jika kondisi tersebut tidak disikapi dengan baik dan dipersiapkan dengan matang maka para pelaku usaha pribumi Indonesia, khususnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) akan makin terancam.

"Mereka bisa menjadi penonton di negaranya sendiri. Itu tidak boleh terjadi," katanya.

Untuk itu dia akan melakukan revitalisasi organisasi. Ia juga akan menjadikan Hippi sebagai organisasi yang kuat dan profesional, dengan prinsip kebersamaan dan kompetensi pengurus dan anggotanya.

"Seluruh kepengurusan ke depan harus mampu berperan aktif. Memberikan manfaat bagi anggotanya dan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah," katanya.

Selain itu, menurut dia, Hippi ke depan harus mampu meningkatkan semangat wirausaha sehingga banyak melahirkan UMKM yang memiliki standar internasional agar mereka mampu bersaing di kancah internasional.(*)

A023/S025

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010