Riyadh (ANTARA News/AFP) - Taipan Saudi Pangeran Alwaleed bin Talal dan Kingdom Holding Co miliknya, menginvestasikan 500 juta dolar di General Motors dalam IPO (penawaran umum saham perdana) raksasa otomotif AS itu pekan lalu, perusahaan mengatakan pada Selasa.

Alwaleed dan Kingdom mengambil satu persen saham di GM saat pembuat mobil itu kembali ke pasar saham publik dengan penawaran umum perdana 20 miliar dolar pada 18 November, Kingdom mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Keputusan Kingdom Holding Company dan Pangeran Alwaleed untuk berinvestasi di GM didasarkan pada kekuatan merek global General Motors, harga penawaran yang relatif menarik, dan prospek pertumbuhan perusahaan di Brazil dan China," katanya.

Pernyataan itu tidak mengatakan berapa banyak saham GM akan dipegang oleh pangeran pribadi dan berapa banyak oleh Kingdom yang tercatat di Saudi.

"Kami tidak dapat mengungkapkan informasi saat ini," kata juru bicara Kingdom, Hazim al-Dosary kepada AFP.

Kingdom, sekitar 95 persen dikendalikan oleh Alwaleed, adalah investor utama di perusahaan-perusahaan terkemuka seperti Citigroup, News Corp, Apple, dan Walt Disney Corp.

Kingdom juga memiliki dan mengelola hotel-hotel mewah terkemuka di seluruh dunia seperti Georges V di Paris. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010