Jakarta (ANTARA News) - Beijing Language and Culture Institute atau BLCI akan kembali menggelar pameran mengenai dunia pendidikan China pada 27-28 November di Hall B Mangga Dua Square Jakarta serta 4-5 Desember di Hotel Majapahit Surabaya, Jawa Timur.

Pameran bertajuk "11th China Education Fair 2010", merupakan pameran ke-11 mengenai pendidikan China yang akan menyediakan berbagai informasi mengenai perguruan tinggi di negeri "Tirai Bambu" bagi calon mahasiswa Indonesia yang ingin belajar ke sana.

Ketua Pertukaran Mahasiswa dan Pelajar Asing Beijing Language & Culture Institute, Samuel Wiyono MBA, dalam siaran persnya di Jakarta, Rabu mengatakan, pesatnya perkembangan dan kualitas pendidikan di China, yang mampu bersaing dengan negara maju lainnya, dapat disaksikan dalam pameran itu.

Prestasi China dalam bidang ekonomi, perdagangan, dan bisnis, serta keberhasilannya menciptakan komputer tercepat di dunia "Supercomputer Tianhe A1" tidak akan bisa dicapai tanpa pendidikan yang berkualitas, kata Samuel Wiyono.

Meskipun kualitasnya tidak diragukan, menurut Samuel Wiyono, perguruan-perguruan tinggi di China tetap bisa dijangkau oleh masyarakat Indonesia dalam hal biaya pendidikan dan biaya hidup selama belajar di China.

Pameran pendidikan "11th China Education Fair 2010" akan diikuti 17 perguruan tinggi papan atas China, termasuk univeritas-universitas terkenal dari mancanegara yang telah membuka kampus di negara itu.

Mereka menawarkan kepada para pelajar Indonesia berbagai bidang studi, mulai dari teknologi angkasa luar (antariksa) dan kedirgantaraan, maritim, bisnis, perdagangan, teknologi informasi, teknik, kedokteran barat serta Bahasa Mandarin.

"Tujuan dari pameran yang diadakan dua kali setahun ini untuk memberikan kesempatan pelajar Indonesia memilih Perguruan Tinggi terbaik di bidangnya dengan biaya terjangkau secara langsung," kata Samuel Wiyono.

Menurutnya, para pelajar dan orang tua dapat bertemu langsung sekaligus memilih universitas yang sesuai. "Untuk itu, kami menyediakan tenaga penerjemah yang kebanyakan siswa yang sedang belajar bahasa Mandarin di tempat kami."

Subsidi Asrama


Perguruan tinggi yang hadir dalam pameran itu diantaranya dari ibukota provinsi paling utara, Harbin, hingga paling Selatan China, termasuk dari Kota Beijing, Shanghai, Guangzhou, serta kota besar lainya.

"Paling tidak, ada lima universitas pemerintah menawarkan subsidi gratis asrama yang berbentuk hotel atau apartement itu di lima kota besar China seperti Ningbo, Nanchang, Hefei, Suzhou, dan Nanjing untuk program tertentu," kata Samuel.

Uang kuliah yang ditawarkan pun makin kompetitif, contohnya uang sekolah belajar bahasa Mandarin atau gelar sarjana (S1) di universitas pemerintah mulai RMB12.000/th atau sekitar Rp16,5 juta, sedangkan untuk gelar S1 menggunakan bahasa Inggris mulai dari RMB 12,800/th atau Rp17,2 juta.

"Semuanya tanpa harus membayar uang pangkal atau uang gedung lagi," kata dia.

Selain lulusan SMU, bagi siswa SMU kelas 2 atau O level dapat langsung mengikuti perkuliahan melalui program International Foundation Year atau Diploma dengan menggunakan pengantar bahasa Inggris dari perguruan tinggi Inggris atau Australia di China, sehingga dapat mempersingkat waktu dan menghemat biaya.

Beberapa PT yang menawarkan program gelar S1/S2 dari Inggris atau Australia di China tanpa harus meninggalkan China hadir dalam pameran ini.

Bahkan, diantara perguruan tinggi asing tersebut mampu memberikan dua ijazah yakni dari China dan dari universitas asal Inggris. Mereka juga menawarkan beasiswa langsung uang kuliah hingga RMB10.000 atau berkisar Rp13,5 juta jika mendaftar pada saat pameran.

Berikut perguruan tinggi-perguruan tinggi yang ikut serta dalam pameran pendidikan tersebut:
  1. Harbin Institute Technology (HIT)
  2. Shenyang Aerospace University (SAU)
  3. Beijing Jiaotong University (BJTU)
  4. Dong-bei University Finance Economics-Dalian (DUFE)
  5. Ocean University of China-Qingdao (OCU)
  6. Nanjing University Information Science Technology (NUIST)
  7. Nanjing University Aeronautics Astronautics (NUAA)
  8. Southeast University-Nanjing (SEU)
  9. Anhui University-Hefei (AHU).
  10. Xian Jiaotong Liverpool University-Suzhou (XJTLU)
  11. Blue Mountains Hotel SchoolS Suzhou (BMHS)
  12. University Shanghai Science Technology - Sino British College (SBC)
  13. Shanghai Maritime University (SMU)
  14. Ningbo University (NBU)
  15. Chongqing Medical University (CQMU)
  16. Sichuan Univresity-Chengdu (SCU)
  17. Monash College-Guangzhou (MCG)
(S026/Y006)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010