Kupang (ANTARA News) - Panitia kongres II Uni Timor Aswain (Untas) atau organisasi yang memayungi sekitar 11.000 lebih warga eks Timtim di Indonesia telah mengantongi izin dari Mabes Polri untuk melaksanakan kongres tanggal 28 November 2010 di Kupang.

Ketua Panitia Pelaksana Kongres II Untas Joanico C. Bello, di Kupang, Kamis, mengatakan, kepastian izin itu diperoleh setelah Eurico Guterres sebagai salah satu inisiator penyelenggara kongres, menyampaikan pemberitahuan ke Mabes Polri, pekan kemarin.

"Pemberitahuan ke Mabes Polri sudah disampaikan, dan Mabes Polri memberi dukungan dan jaminan terhadap penyelenggaraan kongres tersebut," katanya.

Karena itu, pada H-3 menjelang kongres akan dibuka ada tim kecil dipimpin Ketua Untas Domingos Soares mengunjungi Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Timor Tengah Utara (TTU) dan Belu sebagai basis massa Untas di Tomor Barat untuk melakukan sosialisasi kepada warga eks Timtim terkait Kongres II Untas.

"Ketua Untas sudah melihat dan mendatangi langsung pengurus DPD Untas yang akan mengikuti kongres 28-30 November 2010 mendatang termasuk mengecek kesiapan panitia," katanya.

Ia mengatakan dari sosialisasi itu, seluruh pengurus DPD menyatakan kesiapannya mengikuti kongres. Oleh karena itu, dipastikan para peserta sudah hadir di Kupang mulai hari ini Kamis, tanggal 25 November 2010.

"Kita sudah keluarkan undangan untuk semua kabupaten dan kepada pengurus DPD dan DPW, sehingga mereka sudah pasti akan hadir mengikuti kongres. Kita juga sudah siap menyampaikan undangan kepada pihak pemerintah serta TNI/Polri untuk hadir dalam pembukaan kongres," katanya.

"Sekitar 450 orang eks Timor-Timur menyatakan kesediaannya untuk mengikuti kongres II Untas. Jumlah ini merupakan utusan seluruh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) serta anggota Untas dan warga eks Timtim lainnya yang berada di seluruh Indonesia," katanya.

"Kita juga akan mengundang pemerintah, baik pusat maupun daerah, akademisi serta lembaga-lembaga swasta lainnya, termasuk dari unsur TNI/Polri," katanya.

Menurutnya, kongres sudah dipastikan digelar tanggal 28-30 November mendatang. Oleh karena itu, sejak Selasa (23/11), semua undangan baik ke DPW, DPD maupun pemerintah, swasta dan pihak keamanan sudah didistribusikan.

Ia mengatakan persiapan panitia Kongres II Uni Timor Aswain (Untas) semakin mantap. "Setelah merampungkan pembahasan rancangan materi-materi kongres, panitia steering committee (SC) saat ini sedang gencar menyosialisasikan kongres Untas di daratan Timor, dari TTS, TTU hingga Belu.

"Persiapan panitia semakin matang dan dipastikan tanggal 24 sampai 26 November sudah dilakukan pemantapan atau pra kongres. Kita sudah jadwalkan tanggal 24 sampai 26 Kupang dan Jakarta bertemu untuk membahas rancangan materi kongres," katanya. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010