London (ANTARA News) - Petenis nomor satu dunia Rafa Nadal mengalahkan Novak Djokovic 7-5 6-2 untuk mendekati semifinal ATP World Tour Finals, Rabu, setelah lawannya yang berasal dari Serbia mengalami masalah penglihatan.

Pertandingan berkualitas tinggi dalam Grup A selama lebih dari satu jam di hadapan penonton yang memadati O2 Arena itu tiba-tiba menjadi mudah bagi Nadal setelah pemain peringkat tiga dunia Djokovic mulai kesulitan dengan penglihatannya, sebagaimana dikutip darii Reuters.

"Bermain dengan satu mata, terutama melawan Nadal, tidak cukup," kata Djokovic, yang memaparkan masalahnya sebagai "iritasi" pada mata kanannya, kepada wartawan.

"Saya merasa sakit bahkan untuk membicarakannya, jujur saja. Sungguh luar biasa ini terjadi pada saya karena ini belum pernah terjadi dalam hidup saya. Saya merasa baik-baik saja.

"Tetapi mata kanan saya mengalami iritasi, dan mulai kedudukan 5-5 saya tidak bisa bermain. Saya tidak bisa melihat bola, terutama pengembalian. Ini menyedihkan. Ini di luar kendali saya. Sayangnya, ini terjadi dalam pertandingan yang sangat penting, pada momen yang sangat penting."

Tidak ada tanda-tanda adanya masalah dengan penglihatan Djokovic karena ia mampu mengimbangi Nadal hingga 4-4 tetapi setelah poin pertama pada game kesembilan ia tiba-tiba memberi isyarat kepada wasit dan meninggalkan lapangan selama beberapa menit.

Ia masih menggosok-gosok matanya saat kembali dan ia kehilangan servisnya dengan mudah pada kedudukan 5-5, memberi Nadal kesempatan melakukan servis untuk menutup set pembuka yang berlangsung 76 menit.

Djokovic, yang kalah oleh Nadal pada final AS Terbuka tahun ini, mendapat perawatan lebih lanjut pada matanya saat pergantian sisi lapangan tetapi kemudian hanya memberi tanda-tanda bertahan saat lawannya, petenis Spanyol yang tanpa belas kasihan, melaju pada set kedua dalam 36 menit.

Nadal menutup dengan kemenangan ketika pengembalian Djokovic keluar dan sekarang memimpin Grup A dengan dua kemenangan meskipun ia masih belum memastikan satu tempat di semifinal.

"Pasti saya sangat menyesal untuk dia," kata Nadal. "Saya tidak ingat apakah itu sesuatu pada mata atau semacamnya.

"Saya tanya dia di depan net apa yang terjadi. Sepertinya ada sesuatu yang masuk ke matanya. Sesudahnya, ia tidak melihat bola dengan baik."

"Pasti ini adalah kemenangan yang sangat penting bagi saya dalam grup karena saya berada pada posisi yang baik, tidak?"

Djokovic dan Tomas Berdych, yang sebelumnya mengalahkan Andy Roddick, mengumpulkan satu kemenangan dengan Roddick belum meraih angka.

Semuanya akan ditentukan pada Jumat ketika Nadal yang belum terkalahkan melawan Berdych dan Djokovic menghadapi Roddick yang belum meraih kemenangan.

"Saya akan berusaha bertemu dokter dan melihat apakah ada sesuatu yang lebih serius dan dalam dua hari semoga saya bisa siap," kata Djokovic.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010