Jakarta (ANTARA News) - Meraih kemenangan dalam laga-laga penentuan di pekan dua dari terakhir babak penyisihan Liga Champions beberapa tim terkemuka Eropa macam juara bertahan Inter Milan, Barcelona, Madrid, dan Manchester United telah memastikan satu tempat di fase gugur turnamen para jawara Benua Biru itu.

Di Grup A Inter, salah satu wakil Italia, berhasil mengunci satu tempat di fase gugur setelah menang 1-0 atas wakil Belanda Twente Enschede di San Siro, Milan, Kamis dini hari. 

Inter mengoleksi nilai sepuluh namun hanya duduk di posisi dua klasemen sementara. Bersama Inter dari Grup A, Tottenham Hotspurs dari Inggris yang memuncaki klasemen juga melaju dengan koleksi poin yang sama setelah melibas wakil Jerman, Werder Bremen, 3-0 di White Heart Lane, London.

Dengan koleksi nilai lima dan dua, FC Twente dan Bremen mustahil bisa menggeser Spurs dan Inter karena meski menang di laga terakhir pada 7 dan 8 Desember nanti kedua tim itu tidak akan bisa mengejar perolehan poin dua penguasa Grup A itu.

Sementara Barcelona yang mewakili tanah para Matador berhasil mengkandaskan utusan Yunani, Panathinaikos 3-0 di Camp Nou, Kamis, untuk lolos ke fase gugur dari Grup D, dengan torehan nilai 11.

Menemani Barca dari Spanyol, Valencia juga berhasil menerabas masuk ke fase 'knock out' dengan mempecundangi Bursaspor di Mestala dengan skor 6-1. Valencia mengamankan satu tiket dari Grup C meski berada di posisi dua klasemen, di bawah MU yang juga lolos setelah mengalahkan Rangers 1-0 di Ibrox, Skotlandia, pada waktu yang sama.

Sementara dari hasil laga Rabu (24/11) Chelsea, Bayern Munchen, Real Madrid, dan AC Milan, juga telah memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Champions yang tahun lalu dimenangkan oleh Inter Milan itu.

Sayangnya di tengah gilang gemilang raihan para jawara Eropa itu Arsenal masih harus menunggu laga terakhir untuk memastikan lolos ke 16 besar.

Jika dalam kurun waktu tujuh tahun terakhir 'The Gunners' selalu lolos ke fase gugur, bahkan menjadi finalis di 2006 dan semifinalis tahun lalu, kini anak-anak asuh Arsene Wenger harus tertahan oleh tim kecil macam Braga dari Portugal dan Shaktar Donetsk dari Ukraina.

Dalam laga terakhir Rabu, Arsenal dikalahkan Braga, di Estadio Municipal, Portugal dengan skor 2-0. Alhasil klub London Utara itu kini duduk di posisi kedua klasemen sementara, hanya unggul selisih gol dari Braga yang sama-sama mengoleksi nilai sembilan.

Tetapi Arsenal tidak sendiri, masih ada AS Roma, Olympique Lyon, Marseille, dan FC Copenhagen yang harus menguras tetes darah penghabisan untuk lolos ke babak 16 besar.
(Ber/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010