AsiaNet 91274

Tokyo, 25 Agustus 2021 (Antara/Kyodo JBN-AsiaNet) -

- Akses Sumber Daya Internal dengan Aman dan Mudah dari Pengguna dan PC Terverifikasi -

Internet Initiative Japan Inc. (IIJ, TSE1:3774) dengan senang hati mengumumkan peluncuran Safous, layanan Zero Trust Network Access (ZTNA) (*1) yang dikelolanya. IIJ akan mulai menawarkan Safous melalui anak perusahaan Grup IIJ di China, Singapura, Thailand, Indonesia, dan Vietnam mulai tanggal 25 Agustus.

"Kami telah mengembangkan Safous untuk memungkinkan pengguna jarak jauh dan perangkat IoT mengakses berbagai sumber daya bisnis di dalam jaringan perusahaan dengan cara yang aman, terjamin, dan mudah," kata Direktur Layanan Global IIJ, Miki Tanaka. Safous, layanan akses jarak jauh berbasis teknologi zero-trust (*2), telah dikembangkan sebagai layanan keamanan terintegrasi dengan menambahkan fungsi keamanan akses web secara berurutan (SWG: Secure Web Gateway) dan fungsi untuk memvisualisasikan penggunaan cloud (CASB: Cloud Access Security Broker). IIJ berencana untuk memperluas area layanan ke Eropa dan Amerika Serikat pada tahun 2022.

Safous memungkinkan pengguna dan/atau perangkat IoT yang telah diotorisasi sebelumnya untuk terhubung dengan aman ke sumber daya informasi internal seperti aplikasi bisnis di dalam premis pelanggan atau di cloud, di bawah otentikasi yang kuat, melalui titik akses (PoP: Point of Presence) yang disiapkan oleh IIJ. Konfigurasi ini menghilangkan kebutuhan untuk mengizinkan akses eksternal ke jaringan perusahaan dan mengurangi risiko serangan pada jaringan perusahaan. PoP dapat digunakan di delapan wilayah (China, Singapura, Indonesia, Jepang, Eropa, AS, Kanada, dan Amerika Selatan), dengan lebih banyak lokasi akan menyusul.

Catatan:
(*1) ZTNA: Zero Trust Network Access merupakan bagian integral dari Zero Trust, dan solusi layanan generasi berikutnya yang memungkinkan pengguna jarak jauh untuk terhubung dengan mulus dan aman ke sumber daya perusahaan. Alih-alih hanya memverifikasi di perimeter, ZTNA mengarahkan komunikasi ke aplikasi dan server melalui PoP tepercaya yang akan memverifikasi dan mengotentikasi setiap sesi.

(*2) Zero Trust: Filosofi keamanan TI baru berdasarkan "Jangan Percaya, Selalu Verifikasi." Berbeda dari praktik konvensional mengamankan perimeter dengan menciptakan jaringan perusahaan yang aman.


Untuk detailnya, kunjungi situs web: https://www.safous.com/

COVID-19 telah memaksa banyak organisasi dan individu untuk beradaptasi dengan bekerja dari rumah, gaya kerja baru di mana banyak karyawan tidak berada di kantor. Ketika masyarakat beralih ke gaya kerja baru ini, semakin menjadi tantangan bagi perusahaan dan organisasi untuk menjaga kelangsungan bisnis dan meningkatkan produktivitas. Selain itu, dengan meningkatnya jumlah vektor serangan, telah terjadi lonjakan serangan siber yang menargetkan lokasi terpencil. Dengan tren internasional ini, banyak bisnis global perlu "memastikan tingkat keamanan siber yang sama bagi pengguna di rumah seperti di kantor sambil memastikan topologi jaringan dan lingkungan tidak terlalu rumit." Safous adalah solusi yang dirancang untuk memecahkan masalah ini. Awalnya, Safous terdiri dari fungsi ZTNA yang diadopsi melalui kemitraan teknologi dengan startup Israel Cyolo ( https://cyolo.io/company/ ). Dengan instalasi sederhana tanpa memerlukan agen atau terminal, pengguna akan mengalami waktu tunggu yang singkat untuk proyek ini.
  Selain itu, sebagai layanan terkelola, layanan ini menyediakan pemantauan operasi 24/7 dan dukungan pemulihan bencana. Fitur utama dari layanan ini adalah sebagai berikut.

- Aman dengan rancangan untuk mengurangi risiko serangan
Arsitektur Safous tidak mengizinkan akses langsung dari luar ke jaringan internal. Hanya pengguna dan perangkat resmi yang dapat mengakses aplikasi resmi, sehingga mengurangi risiko serangan yang menargetkan jaringan perusahaan mana pun.

- Otentikasi pengguna dan kontrol akses yang kuat
Salah satu fungsi utama Safous, "kontrol akses," membatasi akses ke aplikasi internal resmi dari pengguna dan terminal yang tidak resmi. Kontrol akses dapat disesuaikan dengan berbagai kondisi seperti aplikasi terminal, lokasi, perangkat, dll. Selain itu, otentikasi di sisi terminal dapat diperkuat melalui otentikasi multi-faktor dan otentikasi sistem masuk tunggal. Hal ini memungkinkan akses sumber daya internal dari luar perusahaan menjadi lebih aman dan efisien.

- Dapat digunakan dari mana saja di dunia, di perangkat apa pun
Karena Safous kompatibel dengan penerapan tanpa agen, Safous dapat digunakan tidak hanya pada PC tetapi juga pada perangkat IoT. PoP yang akan disambungkan oleh PC dan perangkat IoT akan dikerahkan di delapan negara saat peluncuran, tetapi Grup IIJ akan secara bertahap meningkatkan jumlah PoP sehingga layanan tersebut dapat digunakan dari mana saja di dunia tanpa penundaan.

Harga referensi
Biaya dasar: 800 dolar AS
Biaya akun (per pengguna): 10 dolar AS
*Akun kontrak minimum: 10 akun
*Jangka waktu kontrak minimum: 1 tahun
*Harga berlaku untuk semua negara dan wilayah.

Pada tahun fiskal saat ini, Grup IIJ menargetkan pasar Asia, dan akan berekspansi ke pasar Eropa dan AS pada akhir 2022.


Tentang PT. IIJ Global Solutions Indonesia: https://kyodonewsprwire.jp/attach/202108209041-O2-D8K4o6l6.pdf


Pernyataan dalam rilis ini berisi pernyataan berwawasan ke depan tentang rencana masa depan IIJ yang melibatkan risiko dan ketidakpastian. Pernyataan-pernyataan ini mungkin berbeda secara material dari peristiwa atau hasil aktual di masa depan.

*Semua nama perusahaan, produk, dan layanan yang digunakan dalam siaran pers ini adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar pemiliknya masing-masing.

Situs web resmi: https://www.iij.ad.jp/en/

Sumber: Internet Initiative Japan Inc.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2021