Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat Anas Urbaningrum mengajak seluruh anggota Fraksi Partai Demokrat siap menghadapi tantangan yang besar ke depan.

"Dalam menghadapi tantangan tersebut guna menentukan masa depan dan posisi partai demokrat, anggota fraksi Partai Demokrat di DPR memiliki peran besar," kata Anas Urbaningrum dalam sambutannya ketika membuka rapat kerja Fraksi Partai Demokrat di Jakarta, Jumat.

Karena itu menurut Anas seluruh kader Partai Demokrat, khususnya anggota fraksi Partai Demokrat, harus bekerja keras dalam membangun citra dan masa depan partai.

Membangun citra dan masa depan partai tersebut, menurut dia, harus dilakukan dengan berbasis kinerja dan akhlak politik yang bertanggung jawab.

"Masa depan partai kita ada di tangan kita sendiri, tidak boleh ditentukan orang lain," katanya.

Menurut dia, kader Partai Demokrat selama ini sudah berkeringat dalam membangun citra dan masa depan partai.

Kinerja Fraksi Partai Demokrat DPR yang berbasis pada citra dan akhlak yang baik dan dilakukan secara kontinyu, menurut dia, akan menjadi investasi pada Pemilu tahun 2014.

"Saya ingin menggarisbawahi agar Fraksi Demokrat DPR bukan saja tampil sebagai fraksi terbesar, tapi harus dilanjutkan dengan fraksi yang kinerjanya paling baik dan produktivitasnya paling tinggi," katanya.

Menurut dia, jika Fraksi Partai Demokrat DPR bisa memiliki kinerja terbaik dalam menjalankan fungsi0fungsi kedewanan, maka Fraksi Partai Demokrat telah melaksanakan tugas, misi, dan amanat rakyat dengan baik.

Rapat kerja Fraksi Partai Demokrat diselenggarakan di Jakarta selama dua hari pada 26-27 Nopember 2010 yang diikuti sebanyak 148 anggota Fraksi Partai Demokrat serta sejumlah pengurus DPP Partai Demokrat.

Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR, Muhammad Jafar Hafsah mengatakan, rapat kerja Fraksi Partai Demokrat ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja fraksi selama setahun serta merumuskan agenda-agenda strategis partai menjelang Pemilihan Umum Legislatif dan Presiden pada tahun 2014.

Agenda tersebut, menurut dia, antara lain penguatan kelembagaan fraksi, peningkatan kompetensi anggota fraksi beserta jajarannya, membangun komunikasi politik lintas fraksi dan parpol secara efektif dan berkualitas, membangun koordinasi dan sinergisitas dengan pemerintah.

Agenda lainnya adalah, mengoptimalkan penyerapan dan perjuangan aspirasi rakyat serta membangun hubungan baik dengan wartawan dan sosialisasi yang efektif melalui media massa.(*)
(T.R024/A033/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010