Bandung (ANTARA News) - PT PLN Distribusi Jawa Barat dan Banten menyatakan pasokan listrik di wilayah Jabar dan Banten aman pasca-meledaknya travo di unit III Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Suralaya, Cilegon.

"Dipastikan pasokan listrik aman, tidak ada laporan atau keluhan dari pelanggan pasca ledakan di PLTU Suryalaya," kata Deputi Manager Komunikasi PT PLN Distribusi Jawa Barat dan Banten Adang Djarkasih di Bandung, Senin.

Ditemui sebelum melaksanakan Rapat Koordinasi West Java Partner ke III di Ruang Malabar Gedung Sate Bandung, Adang menyatakan, akan mengecek langsung ke PLTU Suralaya untuk mengetahui keadaan terkini akibat dari kejadian tersebut

"Habis rapat ini, saya akan langsung ke sana untuk mengecek langsung ke lapangan," kata Adang.

Akibat meledaknya travo di unit III Pembangkit Listrik Tenaga Uap Suralaya, Cilegon, sejumlah daerah di Banten dan Pulau Jawa, mengalami pemadaman bergilir.

Ledakan, yang disertai kebakaran kabel tersebut sempat membuat karyawan panik dan seratusan lebih karyawan dievakuasi dari PLTU Suralaya.

Akibat meledaknya travo di unit III PLTU Suralaya, Cilegon, pasokan listrik dari PLTU Suralaya menurun 3.400 megawatt. Dari tujuh pembangkit, dua di antaranya tidak beroperasi. Hingga malam ini, belum ada keterangan resmi dari PLTU Suralaya soal ledakan itu.

Sementara itu, akibat cuaca ekstrim yang terjadi beberapa hari lalu, PLN mengakui bahwa telah terjadi gangguan infrastruktur yang berdampak pada jaringan listrik ke konsumen.

"Cuaca ekstrim kemarin memang banyak menyebabkan gangguan distribusi listrik ke pelanggan. Oleh karenanya, kami mengimbau agar warga turut memelihara jaringan seperti dengan memangkas pohon yang menghalangi jaringan PLN," ujar Adang.
(ASJ/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010