Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono didampingi Ibu Herawati Boediono menghadiri peringatan ulang tahun ke-77 Kaisar Jepang Akihito di Jakarta, Selasa malam.

Akihito merupakan Kaisar Jepang yang bertahta sejak 1989 hingga sekarang.

Hari ulang tahun Kaisar yang dalam bahasa Jepang disebut Tenno Tanjobi dijadikan sebagai hari libur nasional di Jepang dan masyarakat diberi kesempatan untuk melihat keluarga kekaisaran di halaman Kokyo atau istana kerajaan.

Hari ulang tahun Kaisar pertama kali dirayakan pada masa Kaisar Meiji (1873-1911) dan disebut sebagai Tenchosetsu.

Tenno Tanjobi baru familiar digunakan usai Perang Dunia ke II. Adapun Akihito berulang tahun pada 23 Desember.

Tahun lalu, tepat pada ulang tahunnya yang ke-76, Kaisar Akihito menyapa masyarakat Jepang yang menyampaikan ucapan selamat di balkon istana.

Pada kesempatan itu Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kojiro Shiojiri mengatakan, hubungan kedua negara telah diperkuat dan makin diperkuat dengan dibangunnya kemitraan strategis antara RI dan Jepang.

"Kemitraan strategis antara RI dan Jepang menjadi tonggak penting bagi kedua negara dan akan terus dimantapkan di masa datang," katanya.

Shiojiri mengibaratkan, hangatnya hubungan Indonesia-Jepang sebagai teman sehati untuk membangun masyarakat dunia yang lebih makmur.

Hadir pula dalam perayaan itu Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Menteri Perikanan dan Kelautan Fadel Muhammad serta Menteri Pemberdayaan Perempuan Linda Gumelar.

Perayaan dimeriahkan dengan permainan gamelan dari Solo dengan penyinden asal Jepang, Hiromi Kano.
(T.R018/S024)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010