Lebak (ANTARA News) - Pakar hukum pidana yang juga mantan hakim agung, Benyamin Mangkudilaga, menilai bahwa Basrief Arief dan Busyro Mukoddas akan mampu memberantas korupsi, sertaoptimistis penuntasan kasus itu ke masa depan akan lebih baik.

"Terpilihnya Basrief sebagai Jaksa Agung dan Busyro sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sangat tepat, dan saya yakin keduanya akan bisa memberantas korupsi lebih baik dari sebelumnya," katanya saat menghadiri peringatan hari ulang tahun Kabupaten Lebak, Banten, Kamis.

Ia juga berharap, Basrief dan Busyro bisa melaksanakan tugasnya dengan baik untuk menuntaskan kasus korupsi di Indonesia, sesuai keinginan masyarakat.

Menurut peniliaian Benyamin, kedua pejabat itu cukup bersih dan memiliki komitmen tinggi dalam menegakkan hukum serta memberantas kasus korupsi.

"Berikanlah mereka waktu untuk berkarya dan membuktikan komitmennya. Saya yakin keduanya akan bekerja keras menyikat habis pelaku yang merugikan uang negara itu," ujarnya.

Apalagi, Basrief punya pengalaman sebagai intelijen, tim pemburu koruptor dan mantan Wakil Jaksa Agung, sedangkan Busyro merupakan akademisi yang memiliki catatan bersih.

"Dengan pengalaman ini tentu kita berharap besar pemberantasan korupsi berjalan dengan baik," ujar Benyamin.

Selama ini, kata dia, penanganan kasus korupsi, baik oleh Kejaksaan Agung maupun KPK sudah bagus, dan setelah naiknya Basrief dan Busyro sebagai pimpinan dua institusi hukum itu, maka diharapkan akan lebih baik lagi.

Ia juga menjelaskan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mempunyai komitmen sangat tinggi untuk menegakan hukum dan memberantas korupsi, karena itu diperlukan figur berintegritas tinggi untuk memimpin Kejaksaan Agung dan KPK.

"Saya yakin dengan pemimpin baru, Kejaksaan Agung dan KPK mampu menyelesaikan kasus korupsi," katanya menambahkan.
(U.KR-MSR/S031/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010