Anti Hoax

Hoaks! Wapres sebut penolak vaksin akan masuk neraka

Hoaks! Wapres sebut penolak vaksin akan masuk neraka

Arsip - Wakil Presiden Ma’ruf Amin memimpin Rapat Pleno Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan secara virtual dari kediaman resmi wapres di Jakarta, Rabu (25/8/2021). (ANTARA/HO/Asdep KIP Setwapres)

Jakarta (ANTARA/JACX) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin diklaim mengeluarkan pernyataan penolak vaksin akan masuk neraka, demikian kabar yang beredar di media sosial Facebook pada Agustus 2021.

Kabar di Facebook itu muncul dari seorang pengguna yang juga menambahkan tangkapan layar unggahan dari platform Instagram.

Dalam unggahan itu, tampak Wapres Ma’aruf Amin disertai potongan narasi menyerupai judul berita, "Wapres: Vaksin Merupakan Perintah Agama dan Hukumnya Wajib, Menolak Masuk Neraka?”

Pengguna Facebook itu memberikan narasi sebagai berikut: “Yg gak vaksin fix masuk neraka”.

Namun, apakah benar Wapres Ma'ruf Amin memberikan pernyataan penolak vaksin akan masuk neraka?
 
Tangkapan layar hoaks pernyataan Wapres Ma'ruf Amin tentang penolak vaksin akan masuk neraka. (Turnbackhoax.id)


Penjelasan:
Penelusuran ANTARA, tidak ada pernyataan Wapres Ma'ruf Amin yang dikutip media-media arus utama tentang penolak vaksin akan masuk neraka.

Merujuk pada unggahan konten Instagram yang disertakan seorang pengguna Facebook, narasi yang terdapat pada foto Wapres Ma'ruf terpisah oleh tanda koma dan diakhiri dengan tanda tanya.

Pernyataan "Menolak Masuk Neraka?" tidak mengacu pada pernyataan Wapres Ma'ruf, melainkan sebagai opini akun Instagram yang mengutip wapres.

Kemudian pada unggahan Facebook, pernyataan "Yg gak vaksin fix masuk neraka" merupakan opini pribadi pemilik akun Facebook itu dan bukan pernyataan Wapres Ma'ruf Amin.

Mengacu berita ANTARA pada 19 Agustus, Wapres Ma'ruf Amin menyatakan vaksinasi COVID-19 dan menjaga protokol kesehatan merupakan kewajiban agama, bukan hanya kewajiban sebagai warga negara pada situasi pandemi.

"Ini tidak hanya menyangkut soal keamanan, tapi juga semua aspek termasuk penyakit, termasuk COVID-19. Syekh Nawawi mengatakan wajib hukumnya berobat karena sakit dan menjaga diri dari wabah. Itu wajib hukumnya, bukan sunah lagi," kata Wapres Ma'ruf.

Wapres Ma'ruf Amin, sebagaimana pernyataannya pada Agustus 2021, mengatakan hukum vaksinasi COVID-19 adalah wajib, tapi bukan tentang penolak vaksin akan masuk neraka.

Klaim: Wapres sebut penolak vaksin akan masuk neraka
Rating: Hoaks

Baca juga: Wapres: Vaksinasi COVID-19 adalah kewajiban agama

Baca juga: Lula Kamal: Jangan pilih-pilih, semua jenis vaksin COVID-19 aman

Cek fakta: Hoaks! Vaksinasi COVID-19 balita upaya pemusnahan generasi muda Islam

 

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menkominfo ingatkan masyarakat tak sulut hoaks, jelang putusan MK

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar