Jakarta (ANTARA News) - Timnas Indonesia melangkah ke semifinal setelah menghancurkan Laos 6-0 pada laga kedua babak penyisihan Grup A kejuaraan sepakbola AFF Suzuki Cup 2010 di stadion utama Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu.

Dengan kemenangan ini, Indonesia sudah mengoleksi enam poin dan menduduki posisi puncak klasemen sementara dan dipastikan menjadi juara grup.

Posisi kedua klasemen ditempati Thailand (2), disusul Malaysia dan Laos dengan masing-masing satu poin. Tiga tim ini masih berpeluang ke semifinal di laga terakhir penyisihan grup.

Gol kemenangan Indonesia itu dicetak kapten timnas Firman Utina dengan dua gol, M Ridwan dan Irfan Bachdim serta pemain pengganti Arif Suyono dan Oktovinaus Maniani. Kemenangan ini juga membalas kekalahan tim SEA Games pada 2009 lalu.

Sejak awal babak pertama, pelatih Indonesia Alfred Riedl tetap mempertahankan formasi pemainnya ketika membungkam Malaysia 5-1 di laga perdana Rabu.

Ia tetap menempatkan Christian Gonzales dan Irfan Bachdim di lini depan. Sementara lini tengah bercokol kapten Firman Utina dan mencadangkan Bambang Pamungkas.

Demikian juga Laos tetap dengan formasi yang hampir sama, hanya menampilkan satu pemain berbeda yakni Kanlaya Sysomvang dan mengandalkan Lamtao Singto di lini depan.

Indonesia tampil langsung menyerang dan mengurung pertahanan Laos yang dikawal kiper Sengphachan Bounthisanh.

Menit 10, Laos malah mendapat peluang emas oleh tendangan keras jarak jauh oleh Lamtao yang hanya menyentuh gawang Markus Horison. Selamatlah gawang Indonesia.

Gol pertama Indonesia akhirnya dicetak Firman Utina lewat titik putih di menit 25. Penalti ini karena pemain belakang Laos menjegal Christian Gonzales.

Selanjutnya, serangan Indonesia tak berhenti. Menit 33, Indonesia memperbesar gol yang dicetak M Ridwan.

Beberapa peluang Indonesia gagal diselesaikan karena pemain depan Indonesia berada dalam posisi offside. Kedudukan tetap 2-0 untuk Indonesia hingga turun minum.

Di babak kedua, Indonesia tetap mengurung pertahanan Laos. Sementara Laos yang mencoba menyerang selalu kandas.

Firman Utina kembali mencetak gol di menit 51, setelah mendapat umpan M Ridwan.

Selanjutnya, Irfan Bachdim kembali menggetarkan gawang Laos di menit 62. Arif Suyono memperbesar kemenangan Indonesia di menit ke 76.

Laos yang tak mampu menghadapi serangan bertubi-tubi Indonesia akhirnya kebobolan lagi lewat tendangan Oktovianus Maniani di menit 81. Akhir pertandingan, Markus sempat mengamankan gawang Indonesia setelah pemain Laos lepas dari kawalan. Kedudukan tetap 6-0 untuk Indonesia.

Penyisihan grup A ini masih menyisakan laga terakhir, Indonesia menghadapi Thailand diJakarta dan Malaysia menghadapi Laos, pada Selasa (7/12).

Susunan pemain:

Laos: Sengphachan Bounthisanh (kiper), Saynakhoneveing Phommapanya/Kovanh Namthavixay, Kitsada (Kapten), Ketsada Sauksavanh, Khamla Pinkeo, Lamnao Singto, Kanlaya Sysomvang/Soukaphone Vongchiengkam, Keviengphet Lithideth, Kaysone Soukhavong, Konekham Inthammavong, Khamphen Sayavutthi/Visay Phapouvanin.

Pelatih: David Booth.

Indonesia: Markus Horison, M Nasuha, Zulkifli Syukur/Beny Wahyudi, Maman Abdurahman, Christian Gonzales/Bambang Pamungkas, Oktovianus Maniani, Firman Utina (kapten), Irfan Bachdim, Ahmad Bustomi, M Ridwan/Arif Suyono, Hamka Hamzah.

Pelatih: Alfred Riedl.


Wasit: Daud Abbas (Singapura).

(T009/R010/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010