Bandung (ANTARA News) - Ribuan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Provinsi Jawa Barat secara serentak akan mengikuti tes tertulis penerimaan pegawai negeri sipil untuk memperebutkan 4.800 formasi pada Minggu (5/12).

"Jadi tes tertulis CPNS secara tertulis ini kali pertamanya diselenggarakan secara serentak di seluruh Jawa Barat dan akan bersaing untuk menempati 4.800 formasi di provinsi, kabupaten/kota se Jawa Barat," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Barat Achadiat Supratman ketika dihubungi melalui telepon selularnya, Sabtu malam.

Menurut Achadiat, khusus testing tertulis CPNS untuk formasi di Pemprov Jabar tercatat sekitar 14.113 pendaftar akan mengikuti testing guna memperebutkan 275 formasi.

Ia mengatakan, sampai petang tadi, sudah ada 11.000 orang pendaftar sudah melakukan daftar ulang.

"Berdasarkan data di lapangan, hingga pukul 21.00 WIB kita terus perbarui datanya. Untuk Kabupaten/kota kita belum mendapatkan data pendaftar," kata Achadiat.

Dikatakannya, para peserta testing yang melamar untuk formasi di Pemprov Jawa Barar rencananya akan di tempatkan pada 11 titik diantaranya, di kampus Universitas Padjadjaran Bandung, gedung SD, SMP, SMA, Kantor OPD seperti KPUD, Badan Diklat, dan Kantor Dinas Peternakan.

Menghindari praktik percaloan atau joki, BKD telah meminta kepada para peserta untuk membawa Kartu Ujian, KTP, dan Ijazah asli.

"Ketiga keterangan tersebut, akan dicocokan panitia untuk menghindari praktik joki. Untuk formasi CPNS Provinsi, kami sudah siapkan sekitar 500 pengawas dari kalangan perguruan tinggi dan guru," katanya.

Ketika ditanyakan mengenai kesiapan soal yang akan diujikan, Achadiat mengaku, saat ini panitia masih melakukan proses pencetakan.

"Selanjutnya, soal-soal yang sudah selesai di cetak akan langsung didistribusikan ke lokasi ujian dengan pengawalan petugas kepolisian," katanya.

(KR-ASJ/Y008/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010