Bogor (ANTARA News) - Menteri Kordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, strategi pengembangan perekonomian nasional yang dicanangkan pemerintah ke depan adalah dengan memperkuat pengembangan wilayah.

"Strategi pembangunan nasional ke depan yaitu dengan memperkuat pembangunan berbasis wilayah," kata Hatta Rajasa dalam diskusi panel yang merupakan bagian dari acara Muktamar V Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) di Bogor, Minggu.

Muktamar ke-V ICMI yang dipusatkan di IPB International Convention Center (IICC) Kota Bogor, 5-7 Desember itu mengusung tema

"Membangun Peradaban Indonesia Madani."

Hatta yang membawa makalah bertema "Membangun Peradaban Indonesia yang Madani melalui Pembangunan Ekonomi Berkeadilan" itu menegaskan, guna mendorong kebangkitan perekonomian nasional, pemerintah mencanangkan pengembangan ekonomi berbasis pembangunan wilayah.

Istilah yang digunakan yaitu membangun ekonomi nasional berdasarkan "cluster." Misalnya "cluster" Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan seterusnya.

Pembangunan ekonomi berdasarkan wilayah atau "cluster" diharapkan dapat mendongkrak angka pertumbuhan sekaligus mendorong pemerataan, sehingga dapat terwujud pembangunan secara berkeadilan.

"Pembangunan ekonomi berdasarkan pengembangan wilayah dimaksudkan untuk mendorong pemerataan sekaligus meningkatkan pertumbuhan," demikian Hatta Rajasa. (*)

(ANT-053/T004/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010