Birmingham (ANTARA News/AFP) - West Bromwich Albion mempertahankan kenaikan mereka yang mengesankan dalam klasemen liga utama Inggris, saat striker mereka asal Nigeria Peter Odemwingie menciptakan dua gol yang mengantar kemenangan 3-1 atas Newcastle, Minggu.

Tim asuhan Roberto Di Matteo itu membuat perubahan besar yang mengejutkan menyusul promosi mereka dari Championship musim lalu dan kini berada di posisi delapan teratas setelah gelandang asal Kamerun Somen Tchoyi dan Odemwingie memastikan kemenangan mereka di TheHawthorns.

Peter Lovenkrands membalas satu gol bagi Newcastle menjelang pertandingan berakhir, namun itu sangat terlambat untuk menghentikan kekalahan ketiga yang dialami timnya dalam lima pertandingan.

Pemain belakang Newcastle Sol Campbell tampil untuk yang ke-500 kali di liga utama Inggris, namun mantan pemain Arsenal dan tim Inggris itu tidak dapat menekan Albion.

Pemain belakang Albion Paul Scharner mendapat peluang pertama timnya setelah tendangan pojok Chris Brunt namun tendangannya masih meleset.

Shola Ameobi mengancam saat dia menyundul bola tendangan pojok Danny Guthrie namun melesat di atas mistar gawang.

Tapi akhirnya Tchoyi memecahkan kebuntuan pada menit ke-32 dengan gol pertama di Hawthorns dan gol keempat dia dalam usahanya meraih sukses.

Brunt menemukan Tchoyi mendapat ruang di dalam kotak dan dia memotong bola sebelum melepaskan tembakan melengkung dengan kaki kirinya yang melewati Krul dari jarak 15 yard.

Tchoyi bermain karena tidak bermainnya Youssouf Mulumbu yang diganjar kartu merah saat menang 4-1 di Everton pekan lalu.

Pelatih Newcastle Chris Hughton melakukan pergantian setelah turun minum saat dia memasukkan Lovenkrands menggantikan Ameobi.

Perubahan itu membuat perbedaan saat Newcastle melakukan tekanan ke depan dan beberapa peluang diperoleh namun masih gagal menghasilkan gol.

Odemwingie menggandakan keunggulan Albion dengan golnya yang kelima ketika pertandingan telah berlangsung 71 menit.

Saat pertandingan tersisa satu menit, Odemwingie kembali menjebol gawang.

Lovenkrands menciptakan gol dari jarak dekat pada menit ke-90 namun itu tidak cukup untuk menghindarkan Newcastle dari kekalahan pertamanya melawan Albion dalam 26 tahun. (I015/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010