Jakarta (ANTARA News) - Fraksi Partai Golkar akan mendukung aspirasi terbesar masyarakat Yogyakarta pada suksesi kepala daerah apakah menginginkan penetapan atau pemilihan.

"Fraksi Partai Golkar sudah melakukan survei internal dan mempelajari hasil survei yang dilakukan oleh lembaga survei independen," kata Ketua Fraksi Partai Golkar DPR RI, Setya Novanto, di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin.

Menurut Novanto, dari hasil survei tersebut masyarakat Yogyakarta lebih banyak yang menginginkan agar dilakukan penetapan Sultan Hamengku Buwono sebagai gubernur.

Penetapan atau pemilihan terhadap jabatan gubernur di Daerah Istimewa Yogyakarta akan diatur melalui undang-undang (UU) Keistimewaan Yogyakarta.

"Saat ini, darf RUU Keistimewaan Yogyakarta masih berada di pemerintah dan baru akan disampaikan ke DPR," katanya.

Setelah RUU tersebut diterima DPR dan dibahas, menurut dia, DPR akan meminta masukan dari semua pihak terkait.

Jika masukan-masukan mengungatkan penetapan dan fraksi-fraksi di DPR sepakat pada penetapan, Novanto mengimbau, aga pemerintah bisa mengapresiasi sikap fraksi-fraksi di DPR maupun masyarakat.

Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Nurul Airifn mengatakan, Fraksi Partai Golkar lebih cenderung mendukung penetapan Sultan Hamengku Buwono sebagai Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menurut Nurul, Partai Golkar sudahmelakukan survei serta sudah mempelajari hasil survei dari lembaga survei kredibel mengenai aspirasi masyarakat Yogyakarta.

"Hasil survei itu masyarakat Yogyakarta lebih menginginkan penetapan," katanya.
(ANT/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010