Ganjil-genap mulai diterapkan di Bandung khusus kendaraan luar kota

Ganjil-genap mulai diterapkan di Bandung khusus kendaraan luar kota

Polisi memberlakukan penyekatan ganjil genap di Gerbang Tol Pasteur, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (3/9/2021). ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi/pri.

Bandung (ANTARA) - Polrestabes Bandung mulai memberlakukan penyekatan ganjil-genap bagi kendaraan dari luar kota yang masuk melalui gerbang tol menuju Bandung, Jawa Barat, Jumat.

Kasatlantas Polrestabes Bandung, AKBP Rano Hadiyanto, mengatakan sistem ganjil-genap itu mulai diberlakukan pada pukul 06.00 WIB. Namun menurut dia, sejauh ini belum banyak kendaraan yang diputarbalikkan. "Jumlah kendaraan plat nomor luar Bandung masih belum terlihat meningkat secara signifikan," kata dia, di gerbang tol Pasteur, Bandung.

Pada Jumat (3/9) ini, menurut dia, kendaraan dari luar kota yang akan diputarbalikkan yakni merupakan kendaraan yang memiliki angka genap terakhir pada plat nomor.

Baca juga: 300 personel gabungan kawal ganjil genap Jalur Puncak Bogor besok

Ia bilang, sejak dimulainya sistem ganjil-genap itu, masih ada beberapa pengendara yang belum mengetahui penerapan itu sehingga polisi pun tetap melakukan sosialisasi sambil penerapan ganjil genap itu berjalan.

"Jajaran kami terus menyosialisasikan di seluruh ruas jalan tol, juga melalui media sosial bahwa masuk Bandung pakai sistem ganjil-genap," katanya.

Baca juga: 467 personel gabungan disiagakan untuk ganjil-genap di Kota Bandung

Adapun penyekatan ganjil-genap itu diberlakukan di lima titik gerbang tol, yakni gerbang tol Pasteur, Pasir Koja, Kopo, Muhamad Toha, dan Buahbatu.

Sementara itu, Kepala Polrestabes Bandung, Komisaris Besar Polisi Aswin Sipayung, mengatakan, penyekatan ganjil-genap itu diberlakukan guna menekan kasus Covid-19 agar semakin menurun.

Baca juga: 49 kendaraan kena tilang karena langgar kawasan ganjil-genap

Menurut dia, sistem ganjil genap hanya diberlakukan pada akhir pekan karena diprediksi mobilitas masyarakat dari luar kota menuju Bandung akan meningkat.

"Di beberapa titik akan ditempatkan unsur kami dari Polrestabes, Dinas Perhubungan, TNI, untuk mengurangi arus masuk ke Bandung saat akhir pekan, dikarenakan masih pandemi, kita batasi kegiatan," kata Sipayung.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Lokasi ganjil genap di Jakarta jadi 13 titik

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar