Jakarta (ANTARA News) - Keindahan alam provinsi Bangka Belitung dapat disaksikan dalam pameran foto di Plaza FX  Jakarta mulai 8 hingga 12 Desember 2010.

Pameran bertajuk Pesona Bangka Belitung  itu diselenggarakan  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata provinsi tersebut dan mereka mengharapkan pameran itu dapat menggugah minat wisatawan untuk berkunjung.

Pameran tersebut digelar menyusul  lomba foto   memperingati sepuluh tahun berdirinya Propinsi Bangka Belitung.

"Fotografi bisa menggugah minat orang untuk datang ke suatu tempat," kata Yan Megawandi,  Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Bangka Belitung  di plaza FX.

Yan mengatakan,  Bangka Belitung menjadi provinsi  sejak 21 November 2010  dan kegiatan yang dipilih untuk memperingati 10 tahun provinsi tersebut adalah lomba foto. "Fotografi erat kaitannya dengan pariwisata," kata Yan.

Ia mengemukakan  Bangka belitung adalah "surga" fotografi dan tersedia  paket wisata fotografi yang ditawarkan melalui situs www.belitungisland.com.

"Fotografi bisa menggugah minat orang untuk datang ke suatu tempat, dan makin banyak kegiatan yang diadakan lewat fotografi maka kami bisa mempresentasikan dan mempromosikan daerah," kata Yan.

Andrea Hirata penulis novel Laskar Pelangi yang berlatar di Bangka Belitung, membuka pameran Fotografi itu dengan memotong pita tanda dibukanya pameran itu untuk umum.

Menurut Andrea sudah ada 43 klub fotografi yang mengunjungi Belitung.  "Di sana klub-klub itu 'berpesta pora' fotografi dan di kampung saya akomodasinya gratis." ujarnya.

Beberapa karya foto yang ditampilkan di antaranya berjudul "Rumah Puisi Andrea Hirata"  lokasi di pulau Belitung karya Jerry Rahardja  dan "Negeri Pelangi" karya Jeffry Surianto.Pameran foto itu menampilkan 50 karya foto  dari konstestan lomba maupun fotografer.
(yud/A038/BRT)

 

Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010