Jakarta (ANTARA) - Maggie Gyllenhaal memilih novel tidak biasa mengenai kehidupan seorang ibu untuk debutnya sebagai sutradara dai film "The Lost Daughter" yang tayang perdana di Festival Film Venesia, Jumat waktu setempat.

Dalam film itu, Olivia Colman berperan sebagai Leda, profesor literatur Inggris paruh baya yang berlibur sendirian ke Yunani dan terpaku kepada seorang ibu muda (Dakota Johnson) dan putrinya di pantai yang sama.

Melihat mereka membuat Leda tenggelam ke dalam konflik emosional sebagai ibu dari dua anak perempuan bertahun-tahun lalu dan keputusan penuh rasa bersalah yang dibuat untuk menjalani hidup.

Skenario ini diadaptasi dari buku Elena Ferrante, nama samaran penulis Italia penuh rahasia yang dikenal lewat novel Neapolitan di mana korespondensinya dengan Maggie hanya lewat surat.

Maggie Gyllenhaal mengatakan ketika pertama kali membaca buku, dia berpikir kondisi batin protagonisnya tercabik, tapi kemudian menyadari bahwa dia bisa memahaminya.

"Saya menyadari bahwa banyak orang mengalaminya dan tidak pernah membicarakannya. Ada kebenaran rahasia tentang pengalaman perempuan," katanya seperti dikutip Reuters.

"Saya akan kaget kalau tahu ada seorang ibu yang tidak pernah berpikir, bagaimana kalau saya pergi?"

Membuat film ini adalah pencerahan untuk aktris peraih nominasi Oscar yang datang dari keluarga sineas dan menikah dengan aktor Peter Sarsgaard, yang juga membintangi film ini.

"Saya pikir saya dari dulu sudah jadi sutradara dan saya hanya merasa tidak berhak mengakuinya sendiri," katanya. "Ini pekerjaan yang lebih baik untuk saya sebenarnya."

Olivia Colman mengatakan dia menikmati prospek bermain sebagai seseorang yang terkadang melakukan sesuatu yang buruk.

"Semua orang ingin menjadi seseorang, tapi ternyata mereka bukan orang seperti itu dan mungkin seperti orang lain," katanya. "Sangat menarik memainkan karakter yang melakukan sesuatu yang takkan saya lakukan, meski kadang kau memikirkannya."

"The Lost Daughter" adalah salah satu dari 21 film yang bersaing untuk penghargaan tertinggi Golden Lion di festival film Venesia, yang berlangsung hingga 11 September. Baca juga: Emilia Clarke dan Olivia Colman bergabung di "Secret Invasion" Marvel

Baca juga: Maggie Gyllenhaal debut jadi sutradara di film "The Lost Daughter"

Baca juga: Olivia Colman jadi aktris terbaik Oscar 2019


Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021