Kupang (ANTARA News) - Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Nusa Tenggara Timur, Jhon Kaunang meminta seluruh jajaran dan kader partai untuk tidak bersikap primordial dan mengedepankan kepentingan diri sendiri dalam memperjuangkan pemenuhan kesejahteraan masyarakat di wilayah provinsi kepulauan ini.

Permintaan itu disampaikan Jhon Kaunang dalam pidato politiknya pada pembukaan rapat konsolidasi Partai Demokrat tingkat Provinsi NTT di Kupang, Jumat.

Dia mengatakan tujuan rapat konsolidasi partai Demokrat tingkat Provinsi NTT yang melibatkan seluruh pengurus dan kader di wilayah DPD NTT serta seluruh kader yang menjadi anggota legislatif dari tingkat pusat hingga daerah asal Dapil NTT itu, ialah untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas keberadaan partai sebagai sebuah organisasi sosial politk yang modern.

Selain itu juga, merupakan kesempatan bagi seluruh pengurus dan kader lingkup DPD Demokrat NTT untuk melakukan evaluasi terhadap situasi dan kondisi sosial kemasyarakatan di semua aspek kehidupan bernegara sebagai pelaksana dari sebagian tanggungjawab partai yang penting dan strategis.

Dijelaskannya, partai politik adalah penyangga pertama dan utama dari sistem politik yang tidak hanya bekerja di arena kekuasaan, melainkan juga menembus semua aspek kehidupan bernegara dan berbangsa.

Oleh sebab itu, maksud dari kegiatan rapat konsolidasi ini adalah meningkatnya pemahaman secara lebih rinci dan mendalam bahwa partai bukan sekadar menjadi mesin kekuasaan, dan bukan juga sekadar kendaraan untuk mendapatkan sejumlah kepentingan sesaat.

Partai adalah wujud kebersamaan dari sekelompok orang yang merasa terpanggil untuk mengabdikan diri demi kepentingan peningkatan kesejahteraan rakyat secara terus menerus dan demi keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Karenanya penting bagi seluruh kader Partai Demokrat khususnya di wilayah NTT ini untuk berbenah diri, dengan mengedepankan penghayatan yang benar tentang makna pengabdian yang menjadi dasar perjuangannya.

"Sudah saatnya untuk kita di jajaran Partai Demokrat di NTT segera merapatkan barisan berjuang bersama demi kepentingan seluruh masyarakat di wilayah ini tanpa pandang bulu," kata Jhon Kaunang.

Sekretaris panitia pelaksana rapat konsolidasi, Aris Gai mengatakan, kegiatan rapat konsoldasi yang digelar hingga Minggu (12/12) itu menghadirkan sejumlah pengurus dari jajaran DPP Demokrat.

Sedianya Ketua Umum DPP Demokrat Anas Urbaningrum hadir untuk membuka kegiatan ini, dan memberikan sejumlah arahan namun karena masih berhalangan maka digantikan oleh Wakil Ketua Umum I Jhoni Alen Marbun, serta Ketua DPP Demokrat Bidang Penegakkan Hukum, Beny Kabur Harman.

"Para petinggi DPP akan memberikan materinya pada hari kedua kegiatan Sabtu (11/12) besok," kata Aris Gai.

Dia menambahkan semua pengurus DPD NTT, DPC lingkup DPD NTT hadir dalam kegiatan konsolidasi tersebut. (ANT/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010