Solok (ANTARA) - Jumlah kasus sembuh dari Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kota Solok, Sumatera Barat, mencapai 2.142 orang setelah adanya penambahan sebanyak 21 orang pada Ahad.

Kabag Protokol dan Komunikasi pimpinan (Prokomp) Kota Solok, Nurzal Gustim, di Solok, Ahad menyatakan 21 pasien tersebut dinyatakan sembuh setelah dua kali menjalani tes usap dengan hasil negatif COVID-19.

Selain itu, ia mengatakan dari hasil pemeriksaan sampel yang dikirim oleh Posko Banda Panduang ke laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang hari ini juga terdapat penambahan pasien positif COVID-19 sebanyak 12 orang.

"Sebanyak 11 pasien tengah menjalani karantina mandiri dan satu orang dirawat di rumah sakit," ujar dia.

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 bertambah 41 orang di Kota Solok

Baca juga: Tambah lagi 29, positif COVID-10 di Kota Solok-Sumbar naik 1.106 kasus


Total warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 di daerah itu mencapai 2.294 orang yang terdiri atas 2.142 orang dinyatakan sembuh, 83 orang menjalani karantina mandiri, 10 orang dirawat di rumah sakit dan 59 orang meninggal dunia.

Nurzal mengimbau seluruh elemen dan lapisan masyarakat agar dapat mematuhi dan melaksanakan dengan penuh kesadaran serta tanggung jawab terkait pelaksanaan protokol kesehatan COVID-19.

"Hal itu bertujuan untuk mencegah semakin parahnya penyebaran COVID-19 di Kota Solok, Kota Beras Serambi Madinah yang kita cintai ini," kata dia.

Nurzal juga mengimbau masyarakat agar senantiasa menjaga daya tahan tubuh dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, makan makanan bergizi, istirahat yang cukup serta mengikuti anjuran pemerintah dalam menjalani protokol kesehatan.

Ia juga mengajak masyarakat agar selalu menerapkan prokes ketat 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak atau menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas atau di rumah saja dan mengikuti vaksinasi.

"Mari senantiasa berdoa untuk saudara-saudara kita pasien terkonfirmasi positif agar segera diberikan kesembuhan," ucap dia.*

Baca juga: Bertambah tujuh, positif COVID-19 Kota Solok-Sumbar jadi 1.064 kasus

Baca juga: Pasien positif COVID-19 bertambah 20 orang di Kota Solok

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021