Makassar (ANTARA News) - Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo menerima ucapan selamat dari berbagai kalangan terkait raihan ANTARA Award 2010 yang diterimanya dari Lembaga Kantor Berita Nasional untuk kategori pemerintah tingkat provinsi di bidang keterbukaan informasi.

Mobile Broadband Manager Tri Sulawesi Region Muhammad Djalaluddin pada peringatan HUT ke-73 ANTARA di Makassar, Senin, mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir, pemprov memang menunjukkan keterbukaan dari segi informasi dan itu cukup membantu kita kalangan usaha untuk merencanakan investasi di Sulsel dengan keterbukaan pemprov pihaknya optimistis iklim usaha akan lebih bagus.

Begitu juga jika dilihat dari sisi penyampaian infromasi ke media dapat terlihat hubungan komunikasi yang cukup bagus. "Informasi yang disampaikan positif dan terdapat perimbangan," ujarnya.

Ucapan selamat juga datang dari Head of Product Radio SMART FM Makassar Silvana Dunggio. Ia mengatakan, memang sudah saatnya pemerintah membuka akses informasi seluas-luasnya, apalagi menyambut tahun kunjungan Sulawesi Selatan 2012.

"Tidak hanya keterbukaan, yang tak kalah penting kemudahan mengakses informasi tersebut," katanya. Ia mengharapkan, akses informasi dari pemprov selalu diperbaharui dan sinergis dengan informasi Satuan Kerja Perangkat Daerah.

Coorporate Communication Manager PT Telkomsel area Papua, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan Jowvy Kumala juga mengucapkan selamat sekaligus berharap gubernur lebih banyak turun berkomunikasi langsung dengan masyarakat dan lebih natural dalam hubungan komunikasinya dengan masyarakat.

Direktur Utama PT Trans Kalla mengatakan, Gubernur memang pantas menerima penghargaan tersebut. "Saya kenal dengan Pak Syahrul beliau itu sangat dekat dengan siapa saja," ujarnya. Bentuk penghargaan yang diberikan ANTARA sangat positif. Memang saat ini dibutuhkan pemimpin-pemimpin yang terbuka dan dekat dengan media.

Sementara itu, Wartawan harian Tribun Timur Aqsa Riandy Pananrang yang sehari-hari bertugas di kantor gubernur juga mengucapkan selamat atas penghargaan itu. Menurut pengalamannya, selama ini akses informasi yang diperolehnya sangat terbuka bahkan bisa melalui pesan singkat telepon genggam.

"Tapi terkadang ada juga informasi yang tidak langsung dibuka dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur mengungkapkan berbagai bentuk penghargaan yang diterimanya dalam satu tahun terakhir sebagai sebuah motivasi bagi kemajuan daerah. Baginya, bukan bentuk penghargaan yang penting tapi subtansi di balik penghargaan itu bahwa kita sudah berada pada arah pembangunan yang benar.

Sulsel adalah satu-satunya provinsi yang menerima penghargaan untuk kategori utama pemerintah daerah provinsi. ANTARA Utama Award juga diberikan kepada Kabupaten Maluku Utara untuk kategori pemerintah daerah kabupaten, Bio Farma untuk kategori BUMN, Kominfo untuk kategori Kementerian dan Rahmat Gobel untuk kategori pelaku bisnis.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri BUMN Mustafa Abubakar di kantor pusat LKBN ANTARA di Jakarta (13/12) pada puncak perayaan HUT ke-73 Perum LKBN ANTARA. Penghargaan yang diberikan ini, ia nilai sebagai wujud keterbukaan pemprov terhadap media dan Sulsel berada dalam kehidupan pers yang baik.

Penghargaan yang diberikan pada peringatan HUT ke-73 Perum LKBN ANTARA tahun ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi daerah dan bagi ANTARA sendiri.  (RY/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010