Kemendikbud Ristek sangat mendukung dan siap memfasilitasi
Jakarta (ANTARA) - Direktur Perfilman, Musik, dan Media Baru Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Ahmad Mahendra mengatakan pemerintah akan mendukung dan memfasilitasi gelaran Festival Film Wartawan Indonesia (FFWI) 2021 sebagai salah satu upaya untuk memperkuat ekosistem perfilman terutama di tengah pandemi.

"Wartawan tentu tidak terpisah dari perjalanan perfilman Indonesia. Jadi saat ada ide akan mengadakan FFWI, tentu kita dukung penuh. Ini langkah yang bagus untuk memperkuat ekosistem," kata Ahmad dalam webinar kedua FFWI, Selasa.

"Jadi upaya yang baik ini tentu kita apresiasi. Kemendikbud Ristek sangat mendukung dan siap memfasilitasi," ujarnya.

Ahmad menambahkan, pandemi COVID-19 telah memberikan dampak yang cukup serius bagi semua sektor termasuk perfilman di Indonesia.

Menurutnya, banyak para pembuat film merasa kesusahan saat akan memproduksi karya-karya baru karena terhalang pandemi, sehingga ia berharap gelaran FFWI dapat memacu kreativitas masyarakat untuk kembali berkarya di jalur film.

Ketua Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) Djonny Suafruddin mengatakan ia juga sangat mengapresiasi ajang FFWI 2021.

"Saya menilai bahwa FFWI ini punya mutu tersendiri karena penelitinya banyak sekali. Satu wartawan saja puluhan film bisa dinilai, apalagi ada ratusan wartawan," kata Djonny.

"Jadi jangan khawatir, jalan terus. Saya akan terus mendukung," tambahnya.

FFWI 2021 yang disebut-sebut sebagai Golden Globe-nya Indonesia itu merupakan inisiasi wartawan film dan bekerja sama dengan Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Baru Kemendikbud Ristek itu telah resmi diluncurkan pada 7 Juli 2021 dan akan menggelar malam puncaknya pada 28 Oktober mendatang.

Sebanyak 30 piala akan diberikan pada malam puncak FFWI 2021, 27 di antaranya akan diberikan pada para pemenang dan 3 lainnya diberikan pada tokoh khusus di dunia perfilman.

Adapun yang menjadi juri dalam FFWI 2021 adalah wartawan aktif dari beragam usia dan generasi. Mereka akan menilai tiga genre film yakni drama, komedi, dan horor, yang pernah di tayangkan di bioskop maupun over the top (OTT) mulai September 2020 hingga September 2021.

Baca juga: Presiden Jokowi akan hadiri malam puncak FFI 2021

Baca juga: Presiden minta seluruh pihak disiplin dan tetap produktif

Baca juga: Wregas Bhanuteja: Api perfilman Indonesia jangan sampai padam

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021