Qalat, Afghanistan (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Baku tembak antara pasukan keamanan dan gerilyawan Taliban mengakibatkan dua tentara Afghanistan dan tiga gerilyawan tewas di provinsi Zabul selatan, ujar juru bicara pemerintah provinsi, Mohammad Jan Rasoulyar, Selasa.

"Pasukan keamanan menyerang persembunyian Taliban di distrik Shahjoi pada Senin malam sehingga menewaskan tiga gerilyawan Taliban dan melukai dua lainnya," ujar Rasoulyar kepada Xinhua.

Dia juga mengatakan bahwa dua tentara Afghanistan kehilangan nyawanya akibat sebuah bom sisi jalan yang diatur oleh gerilyawan Taliban.

Gerilyawan Taliban yang bersumpah untuk menggulingkan pemerintah Afghanistan dan mengusir pasukan pimpinan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dari negara itu telah menggencarkan kegiatannya.

Sebuah kelompok yang terkait Taliban mengatur bom mobil yang menewaskan enam tentara pasukan pimpinan NATO dan dua tentara Afghanistan pada Ahad di Kandahar yang menjadi kota kelahiran Taliban.

Selain itu, sebuah serangan Perangkat Peledak Buatan (IED) yang diatur oleh gerilyawan Taliban mengakibatkan seorang tentara NATO tewas pada Selasa, ujar penjelasan pengumuman media dari sekutu tersebut. (BPY/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010