Jakarta (ANTARA News) - Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Puan Maharani mengatakan bahwa 2010 adalah tahun peletakan program kerja oleh pemerintah, sementara berhasil atau tidak pemerintahan dinilai tahun 2011.

"Akan dilihat bagaimana keberhasilan pemerintah di tahun 2011 dan 2012. Sekarang baru evaluasi dan peletakan program-program kerja oleh pemerintah selama tahun 2010. Jadi kita belum melihat kinerja yang signifikan dari pemerintah," kata Puan di Gedung DPR RI di Jakarta, Rabu.

Oleh karena itu, PDI Perjuangan sebagai partai penyeimbang akan terus melakukan kontrol terhadap program-program pemerintah yang sudah disusun dan disiapkan tahun 2010.

"Pastinya secara nasional, PDI Perjuangan memprioritaskan diri dengan mempertanyakan program-program yang dilakukan pemerintah pada 2010 lalu. Karena sampai saat ini belum terlihat dan itu akan terlihat di tahun 2011 dan 2012. Kalau di lapangan ada sesuatu yang bukan untuk rakyat, kita akan protes dan pertanyakan kenapa dilakukan," kata Ketua I Fraksi PDI- Perjuangan itu.

Sementara itu, untuk perpolitikan nasional, partai politik masih disibukkan dengan konsolidasi partai, baik secara internal maupun eksternal sehingga belum ada geliat yang berarti untuk tahun ini.

"Kita masih disibukkan dengan konsolidasi partai secara nasional dan Pemilu kada. Dan dari sana terlihat bahwa PDI Perjuangan menguasai basis-basisnya meskipun kita berkompetisi dengan partai-partai lain. Mungkin akan terlihat dinamika politik secara nasional pada tahun 2011 dan 2012," kata Puan.

Bagi PDI Perjuangan, tahun 2010 adalah tahun yang datar dan tidak ada efek apapun yang diterima.

"Sampai saat ini kami belum melihat dampak apapun bagi PDI Perjuangan. Masih datar-datar saja dan kalau ada perubahan, mungkin tahun depan karena saat ini, semua parpol sedang lakukan konsolidasi seperti Kongres, Munas untuk menguatkan kakinya menyongsong 2014," ujar anak Ketua Umum PDI- Perjuangan Megawati Soekarnoputri itu.

Ia menegaskan bahwa sikap partainya untuk tidak berubah sikap yang selama ini menjadi penyeimbang bagi pemerintah menjadi bagian dari pemerintah karena partainya telah sepakat dengan hasil Kongres di Bali.

"Sesuai dengan kongres lalu, kita tetap konsisten dan tidak ada perlu perubahan posisi kita sebagai penyeimbang dan sampai saat ini masih diperlukan posisi tersebut. Diharuskan ada partai yang menjadi check and balance bagi pemerintah. Belum ada perubahan sikap PDI- Perjuangan dan apa yang kami lakukan untuk rakyat saja," demikian Puan.

(ANT-134/D011/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010