Jakarta (ANTARA News) - Perubahan baru akan dapat dilakukan bila kepemimpinan dapat dijalankan secara efektif. Kepemimpinan efektif hanya terjadi bila visi dan inspirasi dapat dieksekusi.

Demikian disampaikan Rektor Universitas Pelita Harapan Jonathan Parapak pada Bedah Buku 60 Management Gems "Applying Management Wisdom in Life" karya Dr. AB Susanto yang diterbitkan Penerbit Gramedia, di Jakarta, Rabu.

Pembicara lain pada acara itu adalah Prof. Ermaya Suradinata (Rektor President University), Masri Sarep Putera (Penulis dan Dosen Universitas Multimedia) dan AB Susanto sendiri.

"Buku karya AB Susanto ini banyak menguraikan pelajaran tentang kebijaksanaan hidup yang bila dilandasi dengan cinta akan menghasilkan perjalanan hidup yang lebih membahagiakan. Buku ini bersifat holistik tentang mengelola kehidupan," kata Parapak menambahkan.

Selanjutnya, Prof. Erman Suradinata menyatakan bahwa mengelola kehidupan adalah aplikasi ilmu dan seni melayani orang lain.

"Ketika kita semata-mata hidup untuk melayani, maka kehidupan lainnya yang membahagiakan akan mengikuti. Buku AB Susanto menjadi buku pegangan bagi mereka yang hidup beroerientasi kebahagiaan, bukan kesenangan jangka pendek", kata mantan Gubernur Lemhanas ini.

Kehidupan melayani menurut AB Susanto adalah wujud dari aktualisasi diri kehidupan yang sejati, yang menjadi bagian paling mendasar dari Piramida Maslow terbalik. "Pengalaman hidup banyak orang membuktikan hal-hal yang fisik jadi implikasi yang mengikuti" tambahnya.
(A049)

Pewarta: Bambang
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010