Anti Hoax

Hoaks! Said Aqil Siradj anak anggota PKI

Hoaks! Said Aqil Siradj anak anggota PKI

Ketua Umum Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj saat memberikan tausyiah pada Peringatan Hari Lahir ke-23 PKB yang dilaksanakan secara daring di Jakarta, Jumat (23/7/2021) (ANTARA/HO-Humas PKB)

Jakarta (ANTARA/JACX) - Foto Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Said Aqil Siradj yang disandingkan dengan foto Achmad Dasuki Siradj beredar di sejumlah media sosial dan disebut terafiliasi Partai Komunis Indonesia.

Unggahan foto itu dilengkapi narasi Said Aqil Siradj adalah anak Achmad Dasuki Siradj yang merupakan anggota fraksi Partai Komunis Indonesia (PKI) dengan nomor anggota #215.

Namun, apakah benar Said Aqil Sirajd merupakan anak anggota PKI sebagaimana disebut dalam unggahan media sosial itu?
 
Tangkapan layar hoaks yang menyebutkan ketua PB NU Said Aqil Siradj adalah anak anggota PKI. (Jalahoax)


Penjelasan:
Berdasarkan penelusuran ANTARA, narasi yang menyebut Said Aqil Siradj sebagai anak anggota PKI Achmad Dasuki Siradj merupakan kabar bohong atau hoaks. Tidak ada garis keturunan antara Said Aqil Siradj dengan Achmad Dasuki Siradj.

Said Aqil Siradj lahir pada 3 Juli 1953, di Kempek, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat dari pasangan, KH. Aqil Siradj dan Nyai Hj Afifah binti Kyai Harun.

KH. Aqil Siradj merupakan pengasuh Pondok Pesantren Kempek yang menjadi salah satu pesantren penting di Cirebon.

KH. Aqil merupakan menantu dari KH. Harun bin Abdul Jalil, seorang tokoh sentral dari Pesantren Kempek.

KH. Aqil juga lahir dari keluarga pesantren, tepatnya pesantren Gedongan, Cirebon. Dia merupakan putra dari KH Siradj, yang masih keturunan dari KH. Muhammad Said Gedongan, Cirebon. Nama-nama tersebut merupakan tokoh penting dalam penyebaran Islam di Cirebon lewat metode pesantren dan turut berjuang melawan penjajah Belanda.

Sementara Achmad Dasuki Siradj, meski juga berlatar belakang pesantren, adalah tokoh PKI yang lahir pada 23 Mei 1903 di Surakarta, Jawa Tengah.

Klaim: Said Aqil Siradj anak anggota PKI
Rating :Disinformasi

 

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Alasan penunjukan Said Aqil jadi Komisaris Utama PT KAI

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar