Bengkulu (ANTARA News) - Prakiraan gelombang laut di wilayah Barat Bengkulu, terutama di perairan Enggano tingginya berkisar antara tiga hingga 6,5 meter, lebih rendah dari sebelumnya mencapai tujuh meter.

Gelombang tinggi itu juga berpeluang terjadi di Samudra Hindia Barat Bengkulu hingga perairan Lampung, kata analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Suparwi, Jumat.

Ia mengatakan, sementara prakiraan angin dan tinggi gelombang di Samudra Hindia Barat Bengkulu bertiup dari arah Barat hingga Utara dengan kecepatan antara 15-28 knot dan tinggi gelombangnya berkisar 2,5 hingga 4,5 meter.

Angin di perairan Bengkulu, kata Fatmawati Soekarno Suparwi, berpeluang bertiup dari arah Barat hingga Timur laut dengan kecepatan antara 07-25 knot dan tinggi gelombangnya antara satu sampai 3,5 meter.

Fatmawati Soekarno Suparwi menjelaskan, cuaca di wilayah Bengkulu diperkirakan berawan hingga hujan sejak pagi hingga malam hari, suhu udarannya antara 22-30 derajat celcius dan kelembabannya antara 68-98 persen.

Pada 12 jam ke depan angin di wilayah Bengkulu Umumnya bertiup dari arah Barat hingga Timur laut dengan kecepatan rata-rata 45 kilometer per jam.

Para nelayan di wilayah ini mengeluh bila perkembangan cuaca buruk dan gelombang tinggi di perairan Bengkulu berjalan lama karena menyangkut ekonomi keluarga, kata seorang nelayan M Tegor.

Saat cuaca buruk sekarang ini segala lokasi mata pencarian di laut tertutup karena ikan, udang dan kepiting bersembunyi dan sulit untuk didapatkan, ujarnya. (Z005/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010