Manado (ANTARA News) - Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara EE Mangindaan menunjuk salah satu staf ahlinya, Johny Lontaan, untuk meninjau dan mengawasi langsung seleksi tertulis Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Sulawesi Utara.

"Penugasan Menpan untuk mengetahui dari dekat apakah pelaksanaan tes tertulis dan tahapan penerimaan lainnya berlangsung aman dan baik," kata Lontaan ketika ditemui di lokasi tes tertulis CPNS di Aula Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Jumat.

Menurutnya, pemantauan yang dilakukan dari Kementerian PAN itu, dilakukan juga serentak di beberapa provinsi lain di Indonesia, dan tidak hanya di Sulut.

Sementara itu dari hasil pemantauan singkat seleksi penerimaan di Sulut, berlangsung aman dan baik.

"Walaupun belum ada hasil final apakah seleksi ini sudah baik atau tidak, tetapi sementara yang ada ini prosesnya berjalan lancar," katanya.

Staf Ahli Menpan itu meminta proses rekrutmen itu berlangsung jujur dan adil serta menjauhi proses kolusi, nepotisme dan sebagainya.

"Kami akan dan rekrut PNS se Indonesia yang benar-benar memiliki kompetensi dan kapabilitas terbaik," katanya.

Sementara ini, Pemprov Sulut bersama 15 kabupaten dan kota sementara menggelar tes tertulis CPNS secara serentak, diikuti puluhan ribu orang.

Khusus untuk tes tertulis di Pemprov Sulut, sesuai lamaran masuk dan memenuhi syarat sebanyak 3.988 orang.

Padahal formasi penerimaan di lingkungan Pemprov Sulut hanya 128 kursi akan diperebutkan, dengan rinciannya tenaga kesehatan 44 orang, tenaga teknis 84 orang dan atlet berprestasi 13 orang.

(H013/K005/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010